IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PROGRAM BACA TULIS AL QUR’AN DI MADRASAH ALIYAH AL ASROR SEMARANG
Robby Eka Fadhli, 1102415089 (2023) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PROGRAM BACA TULIS AL QUR’AN DI MADRASAH ALIYAH AL ASROR SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (10MB) | Request a copy |
Abstract
Program baca tulis Al Qur’an merupakan salah satu program yang diterapkan oleh MA Al-Asror guna membiasakan siswa untuk memiliki keterampilan dalam membaca Al-Quran. Namun disamping itu ternyata ada nilai�nilai karakter yang dapat ditumbuhkan melalui pelaksanaan program tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter pada program baca tulis Al Qur’an di MA Al-Asror. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan tekhnik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di MA AL-Asror Semarang. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam pelaksanaan program ngaji pagi terdapat nilai-nilai pendidikan karakter diantaranya yaitu: (1) nilai religius, ditunjukan dengan adanya kegiatan berdoa sebelum dan sesudah kegiatan mengaji, (2) nilai disiplin, ditunjukan dengan adanya peraturan mengenai jam masuk dan adanya tindakan hukuman bagi siswa yang terlambat. Kemudian diitunjukan juga dengan adanya tindakan peringatan dan hukuman dari pengampu program kepada siswa yang ramai saat kegiatan mengaji, (3) nilai menghargai prestasi, ditunjukan dengan adanya sikap siswa yang saling memperhatikan bacaan dan memberikan saran pembenaran kepada siswa yang bacaanya salah, (4) nilai gemar membaca, ditunjukan dengan meningkatnya minat siswa dalam membaca Al-Quran, (5) nilai peduli sosial, ditunjukan dengan adanya sikap saling membantu membenarkan bacaan yang salah, (6) nilai mandiri, ditunjukan dengan adanya kegiatan menghafal surat yasin yang dilakukan secara mandiri oleh siswa, (7) nilai bersahabat/komunikatif, ditunjukan dengan adanya sikap yang bersahabat dalam memberikan peringatan bagi siswa yang bacaanya salah yaitu dengan mengucapkan kalimat istighfar, (8) nilai toleransi, ditunjukan dengan adanya sikap saling menghargai perbedaan antar siswa dalam satu kelompok, (9) nilai tanggungjawab, ditunjukan dengan adanya sikap menerima konsekuensi bagi siswa yang terlambat dan ramai pada saat kegiatan mengaji, (10) nilai jujur, ditunjukan dengan tidak adanya tindakan curang dalam kegiatan setoran hafalan yasin, (11) nilai kerja keras, ditunjukan dengan adanya upaya bertanya kepada pengampu program maupun temanya ketika menemui bacaan yang sulit, (12) nilai kreatif, ditunjukan dengan adanya siswa yang memiliki cara masing-masing dalam mengahafal yasin, (13) nilai demokratis, ditunjukan dengan adanya kebebasan yang diberikan kepada siswa dalam menentukan cara, waktu, tempat dan jumlah ayat dalam menghafalkan surat yasin, (14) nilai rasa ingin tahu, ditunjukan dengan siswa bertanya kepada vi pengampu program maupun temanya ketika menemui bacaan yang sulit, (15) nilai cinta damai, ditunjukan dengan terlahirnya suasana nyaman dalam kelompok. Adapun saran dari peneliti untuk MA Al-Asror yaitu agar meningkatkan dan mengadakan inovasi dalam pelaksanaan program BTAQ agar penanaman nilai karakter dapat lebih maksimal.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Program BTAQ, Pendidikan Karakter, Nilai Karakter |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1 L Education > L Education (General) > Development of Child L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 04 Oct 2024 03:18 |
Last Modified: | 04 Oct 2024 03:18 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64528 |
Actions (login required)
View Item |