EVALUASI PROGRAM BACA TULISAL-QUR’AN (BTA)TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN SISWA DI SD UNGGULAN MUSLIMAT NU KUDUS
Muhammad Faiz Amali, 1102415075 (2023) EVALUASI PROGRAM BACA TULISAL-QUR’AN (BTA)TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN SISWA DI SD UNGGULAN MUSLIMAT NU KUDUS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
![]() |
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (a) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) di SD Unggulan Muslimat NU Kudus Kudus tahun pelajaran 2021/2022; (b) Untuk mengetahui evaluasi pada pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) di SD Unggulan Muslimat NU Kudus Kudus tahun pelajaran 2021/2022; (c) Untuk menganalisis faktor-faktor penghambat pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) di SD Unggulan Muslimat NU Kudus Kudus tahun pelajaran 2021/2022; serta (d) Untuk menganalisis solusi guna mengatasi faktor penghambat pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) di SD Unggulan Muslimat NU Kudus Kudus tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang akan diterapkan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini akan dilaksanakan dengan wawancara semi terstruktur. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh simpulan sebagai berikut: (a) Pelaksanaan pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) di SD Unggulan Muslimat NU Kudus Kudus tahun pelajaran 2021/2022; (b) Evaluasi pada pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) di SD Unggulan Muslimat NU Kudus Kudus tahun pelajaran 2021/2022 ialah; (c) Guru menyiapkan bacaan untuk menguji siswa, bacaan yang disiapkan dengan ketentuan disesuaikan dengan materi yang dipelajari siswa, siswa membaca, dan setelah selesai mendapat nilai dari guru; (c) Faktor pendukung dalam evaluasi program ini yaitu: Dapat melatih guru untuk siap terhadap program baru dalam program pembelajaran, Kerjasama semua guru dan staff dalam pelaksanaan evaluasi tersebut; serta Faktor penghambatnya dalam program antara lain: Adanya perbedaan kemampuan intelegensi siswa, kurang adanya perhatian dari sebagian siswa terhadap materi yang disampaikan, kekhawatiran kurang siapnya siswa ketika evaluasi berlangsung; serta (d) Solusi untuk mengatasi faktor penghambat Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) di SD Unggulan Muslimat NU Kudus Kudus tahun pelajaran 2021/2022 ialah guru dituntut untuk memiliki kriteria sebagai berikut: Kreatif, amanah, inovatif, tanggung jawab.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Baca Tulis Al-Qur’an (BTA); Evaluasi Program; Kemampuan Membaca Al-Quran Siswa; |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1 L Education > L Education (General) L Education > L Education (General) > learning activity |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 04 Oct 2024 03:16 |
Last Modified: | 04 Oct 2024 03:16 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64527 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |