MANAJEMEN KURIKULUM TAHFIDZ QUR’AN DI PESANTREN MADINAH MUNAWWARA


AHMAD MUHYIDDIN, 1102415015 (2022) MANAJEMEN KURIKULUM TAHFIDZ QUR’AN DI PESANTREN MADINAH MUNAWWARA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1102415015 - Ahmad Muhyiddin.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan pengelolaan Manajemen Kurikulim pada proses pengajaran santri tahfidz Qur’an di Pondok Pesantren Madinal Munawwaroh. Rumusan masalah penelitian yang ditetapkan adalah bagaimana proses kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi Manajemen Kurikulum Pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses tahapan dari mulai awal perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi akhir dari Kurikum Tahfidz Qur’an di Pesantren Madinah Munawwarah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data dalam penelitian meliputi sumber data premier dan sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi sumber dan metode. Teknik analisi data ditetapkan dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini diperoleh yang menunjukkan bahwa manajemen kurikulum pada Pesantren Madinah Munawwarah meliputi 4 tahapan berupa perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. Pada proses kegiatan perencanaan dilaksanakan berupa penyusunan kurikulum pesantren madinah munawwarah yang tidak dibukukan tetapi terus diperbarui pada setiap bulan syawal untuk kegiatan pembelajaran, penyusunan dilakukan oleh pengasuh, ketua pesantren serta para ustadz untuk membuat roadmaps program pembelajaran dalam satu tahun kedepan yang didiskusikan bersama melalui evaluasi proses pembelajaran pada tahun lalu. Pengorganisasan kurikulum Pesantren Madinah Munawwarah ditentukan serta dirancang oleh tim pada saat rapat evaluasi program yang dilaksanakan setiap bulan syawal. Pelaksanaan kurikulum pesantren dilakukan oleh pengasuh berkoordinasi kepada ustadz untuk melaksanakan proses pembelajaran kepada santri sesuai dengan jadwal di pesantren berupa penyiapan materi yang akan disampaikan kepada santri dengan menggunakan metode pembelajaran muroja’ah, sorogan dan bandongan serta setoran hafalan yang dibimbing ustadz. Evaluasi kurikulum dilakukan menggunakan penilaian hasil belajar santri memlalui pengayaan materi setelah kegiatan pembelajaran selesai dilaksanakan dan menggunakan kartu kontrol hafalan Al-qur’an, serta diakhiri dengan ujian bagi santri di pesantren. Simpulan penelitian ini yaitu proses manajemen kurikulum yang dilaksanakan meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluai di Pesantren Madinah Munawwarah memiliki peran bagus dalam mencapai tujuan pendidikan yang ditetapkan. Saran bisa diberikan yaitu lebih menertibkan dan melengkapi dokumen administrasi dalam memanajemen kurikulum pesantren.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kurikulum; Pondok Pesantren; Tahfidz Qur’an.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > Education Management
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 04 Oct 2024 03:09
Last Modified: 04 Oct 2024 03:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64525

Actions (login required)

View Item View Item