PENGGUNAAN MEDIA WEBTOONS SALUT LA FRANCE! DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA PADA MAHASISWA SEMESTER 3 PRODI PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS UNNES


Ihda Naila Zulia Akhadita, 2301418033 (2023) PENGGUNAAN MEDIA WEBTOONS SALUT LA FRANCE! DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA PADA MAHASISWA SEMESTER 3 PRODI PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS UNNES. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2301418033_ihda naila zulia akhadita.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan membaca merupakan salah satu keterampilan yang penting dalam pembelajaran agar peserta didik dapat mengikuti seluruh proses dalam kegiatan pembelajaran. Membaca merupakan proses mengolah bacaan dengan kritis dan kreatif agar pembaca mendapat pemahaman yang lebih baik. Salah satu cara untuk memotivasi dan meningkatkan minat membaca adalah dengan cara memanfaatkan media pembelajaran. Media pembelajaran adalah segala sesuatu atau benda yang dapat digunakan untuk pembelajaran, dengan tujuan untuk memberikan informasi pembelajaran pendidik kepada peserta didik. Media komik digital merupakan salah satu media yang dapat digunakan untuk pembelajaran di masa sekarang, karena media komik digital mudah diakses melalu smartphone, komputer, maupun tablet. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan membaca pemahaman dalam menggunakan media komik Salut la France! dalam pembelajaran keterampilan membaca mahasiswa semester 3 Pendidikan Bahasa Prancis UNNES dan mendeskripsikan respon mahasiswa terkait minat membaca komik digital. Jumlah responden pada penelitian ini sebanyak 53 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes dan angket tertutup dengan skala likert. Nilai yang diperoleh dari hasil tes diklasifikasikan berdasarkan kriteria penilaian di Universitas Negeri Semarang pada tahun 2018. Hasil respon mahasiswa dihitung dan dikategorikan menggunakan perhitungan jarak interval. Hasil penelitian ini menunjakkan bahwa tes kemampuan pemahaman membaca komik digital yang berjudul Salut la France! pada mahasiswa semester 3 Pendidikan Bahasa Prancis Unnes menunjukkan hasil yang sangat baik. Ditunjukkan dengan hasil persentase sebanyak 20% mahasiswa mendapatkan nilai A yaitu dengan kategori sangat baik dan sebanyak 51% mahasiswa mendapatkan nilai B yaitu dengan kategori baik. Respon mahasiswa terhadap minat membaca sebanyak 100% mahasiswa merespon dengan positif mengenai minat membaca.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan membaca, Komik digital, Minat membaca.
Subjects: P Language and Literature > PDA French Languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 03 Oct 2024 07:45
Last Modified: 03 Oct 2024 07:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64521

Actions (login required)

View Item View Item