Keefektifan Model Pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) dengan Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas X SMA N 2 Pekalongan pada Materi Pokok Dimensi Tiga Tahun Pelajaran 2010/2011
Meliana Fuadifah , 4101407012 (2011) Keefektifan Model Pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) dengan Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas X SMA N 2 Pekalongan pada Materi Pokok Dimensi Tiga Tahun Pelajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Keefektifan Model Pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) dengan Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas X SMA N 2 Pekalongan pada Materi Pokok Dimensi Tiga Tahun Pelajaran 2010/2011)
- Published Version
Download (5MB) | Preview |
Abstract
Rendahnya hasil belajar pada aspek kemampuan pemahaman konsep peserta didik terlihat pada pokok bahasan geometri khususnya materi dimensi tiga. Penguasaan materi geometri peserta didik kelas X SMA N 2 Pekalongan dikatakan masih lemah. Disamping itu, peran guru yang masih mendominasi kelas menyebabkan pembelajaran yang berlangsung tidak menyenangkan dan dapat menyebabkan kejenuhan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam menyikapi rendahnya kemampuan pemahaman konsep adalah melalui model pembelajaran TPS dengan berbantuan LKPD yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berpikir, menjawab dan membantu satu sama lain, sehingga keefektivan, keterampilan peserta didik dapat dikembangkan dan akhirnya pemahaman konsep yang diperoleh dapat berkembang secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran TPS berbantuan LKPD dibandingkan kelas kontrol pada materi pokok dimensi tiga. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas X SMA N 2 Pekalongan tahun pelajaran 2010/2011. Sampel dalam penelitian ini menggunakan random sampling dan terpilih peserta didik kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas X-3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan metode dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pada aspek kemampuan pemahaman konsep peserta didik kelas eksperimen sebesar 73,64 dan kelas kontrol sebesar 66,94. Dari hasil uji ketuntasan belajar dengan uji t dan uji proporsi diperoleh bahwa peserta didik kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan belajar, baik KKM individual maupun KKM klasikal. Berdasarkan uji kesamaan rata-rata diperoleh rata-rata hasil belajar aspek kemampuan pemahaman konsep kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Jadi, simpulan yang diperoleh adalah penerapan model pembelajaran TPS dengan berbantuan LKPD lebih efektif daripada kelas kontrol terhadap kemampuan pemahaman konsep peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Pekalongan pada materi pokok dimensi tiga. Perlunya pengembangan media pembelajaran yang menarik, kreatif dan inovatif serta guru harus lebih aktif untuk memotivasi peserta didik sehingga pembelajaran berlangsung dengan baik sesuai dengan apa yang diharapkan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Think-Pair-Share (TPS), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QA Mathematics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 28 Oct 2011 02:23 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 06:21 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6450 |
Actions (login required)
View Item |