ANALISIS STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN TEKS BERITA DI INSTAGRAM SUARADOTCOM YANG BERMUATAN NILAI NASIONALISME SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP


Latifah Ayu Widyaningsih, 2101419058 (2023) ANALISIS STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN TEKS BERITA DI INSTAGRAM SUARADOTCOM YANG BERMUATAN NILAI NASIONALISME SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2101419058_Latifah Ayu Widyaningsih.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Komponen pembelajaran tidak terlepas dari penggunaan sumber belajar yang sesuai. Adanya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam penyajian sumber belajar yang inovatif dan bervariasi bagi peserta didik. Media sosial adalah media yang berbasis internet untuk mempermudah dalam membuat konten atau bersosialisasi. Media sosial instagram yang dapat mengirimkan informasi kepada orang lain melalui gambar foto dan video. Wacana berita sudah banyak dijumpai yang diunggah pada aplikasi instagram, khususnya dalam media sosial Suaradotcom. Pemilihan media sosial Suaradotcom yang bermuatan nilai nasionalisme sebagai topik kajian dalam menganalisis kelayakan wacana sebagai alternatif sumber belajar teks berita. Karena instagram Suaradotcom terdapat struktur dan kaidah kebahasaan teks berita. Pentingnya penanaman nilai nasionalisme kepada siswa untuk menanamkan rasa persatuan dan kesatuan kepada tanah air Indonesia. Bagi pendidik alternatif sumber belajar yang ditawarkan dapat memberikan inovasi baru untuk menumbuhkan semangat belajar peserta didik. Sumber belajar yang digunakan peserta didik dapat menunjang proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Sumber belajar yang diberikan kepada siswa harus memenuhi kriteria sebagai sumber belajar dan memiliki nilai karakter yang dapat ditanamkan pada diri peserta didik. Penelitian ini bertujuan, yaitu 1) mendeskripsikan struktur berita di postingan instagram “suaradotcom” yang bermuatan nilai nasionalisme, 2) mendeskripsikan kaidah kebahasan berita di postingan instagram “suaradotcom” yang bermuatan nilai nasionalisme, 3) mendeskripsikan kelayakan teks berita di postingan instagram “suaradotcom” sebagai alternatif sumber belajar menelaah struktur dan kaidah kebahasaan teks berita kelas VIII SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Metode ini digunakan untuk mendeskripsikan data yang diperoleh melalui observasi dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan berupa teks berita yang terdapat struktur dan kaidah kebahasaan bermuatan nilai nasionalisme. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Hurberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini menghasilkan tiga temuan, yaitu pertama, dari lima belas wacana berita di postingan instagram Suaradotcom terdapat 6 wacana berita memiliki struktur teks berita lengkap dan 9 wacana berita yang struktur berita hanya terdiri kepala dan tubuh berita. 15 wacana berita tersebut, terdapat 15 wacana menggunakan bahasa baku, 8 wacana terdapat kalimat langsung, 1 wacana terdapat konjungsi “bahwa”, menggunakan 13 wacana kata kerja mental, 15 wacana fungsi keterangan tempat dan waktu, dan 10 wacana menggunakan konjungsi temporal. Hasil analisis di postingan instagram Suaradotcom yang bermuatan nilai nasionalisme layak digunakan sebagai alternatif sumber belajar teks berita. Karena sudah sesuai dengan materi struktur dan kaidah kebahasaan teks berita serta memenuhi kriteria sebagai sumber belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Teks Berita, Instagram, Nasionalisme, dan Sumber Belajar
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 02 Oct 2024 03:50
Last Modified: 02 Oct 2024 03:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64428

Actions (login required)

View Item View Item