RAGAM BAHASA TULIS DALAM MATERI AJAR BIPA TINGKAT MENENGAH DI UNIVERSITAS KEIO JEPANG


Aulia Fadhila Putri, 2101418075 (2023) RAGAM BAHASA TULIS DALAM MATERI AJAR BIPA TINGKAT MENENGAH DI UNIVERSITAS KEIO JEPANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2101418075_Aulia Fadhila Putri.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan bahasa ragam tulis dalam materi ajar BIPA tingkat menengah di Universitas Keio belum memiliki pedoman penyusunan dari salah satu kurikulum yang berlaku baik di Indonesia ataupun di luar negeri. Penulisan ragam tulis harus sesuai dengan kaidah dan kesesuaian dengan jenjang BIPA terutama pada kurikulum di Indonesia agar pembelajaran lebih terarah dan memiliki kebaruan. Penyusunan materi ajar BIPA membutuhkan banyak komponen penting yang perlu diperhatikan. Bukan hanya mengenalkan, namun juga memahamkan bahasa sesuai kebutuhan pemelajar. Materi ajar BIPA Rona Pesona Indonesia seri wacana pengayaan disusun sebagai bahan bacaan dalam kelas BIPA B1-B2 di Universitas Keio, Jepang. Materi ajar Rona Pesona Indonesia ini disusun oleh dua dari tiga penyusun bukan dari ranah Pendidikan Bahasa Indonesia. Sehingga materi ajar yang digunakan terbatas dan membutuhkan bahan ajar lain dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hal di atas, Penelitian ini sangat perlu dilakukan untuk mengetahui kebutuhan materi ajar BIPA tingkat menengah di Universitas Keio Jepang. Tujuan Penelitian ini adalah mendeskripsikan ragam bahasa tulis dalam materi ajar BIPA tingkat menengah yaitu Rona Pesona Indonesia dan kesesuaiannya dengan standar kompetensi jenjang BIPA. Serta mendeskripsikan kendala dalam penggunaan materi ajar BIPA di kelas dan solusi akan hal tersebut. Manfaat penelitian ini adalah sebagai gambaran kesesuaian materi ajar dan sebagai referensi untuk penelitian selanjutnya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ada dua yaitu pendekatan teoretis dan pendekatan metodologis. Pendekatan teoretis penelitian ini adalah pendekatan teori ragam bahasa dalam kajian morfologi dan sintaksis. Sedangkan pendekatan metodologis berupa pendekatan deskriptif kualitatif. Data penelitian ini adalah penggalan teks wacana dalam materi ajar BIPA dan kuisioner pengajar. Sumber data penelitian adalah keseluruhan teks wacana pada masing-masing unit dalam materi ajar BIPA Tingkat Menengah di Universitas Keio Jepang. Hasil Penelitian ini yaitu materi ajar BIPA Rona Pesona Indonesia Seri Wacana Pengayaan Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (B1-B2) memiliki beberapa kesalahan tulis pada aspek kebahasaan ragam tulis terletak pada masing�masing unit materi ajar dengan indikator yang berbeda. Kesesuaian berupa karakteristik teks wacana, ragam bahasa dan tujuan pembelajaran. Hal ini menunjukkan materi tersebut cocok digunakan pada pemelajar BIPA tingkat menengah yaitu BIPA 4 setara dengan B2 apabila disesuaikan dengan tujuan. Namun, ragam bahasa jurnalistik yang digunakan dalam pembelajaran dalam ranah pendidikan kurang cocok. Penggunaan ragam tulis ilmiah lebih cocok apabila digunakan untuk pembelajaran dalam kampus di Universitas Keio Jepang. Sehingga penggunaan materi ajar ini memiliki kendala yang perlu diberikan solusi terkait hal tersebut baik dari penyusun/pengajar dan dari peneliti sendiri. Saran yang direkomendasikan, yaitu 1) materi ajar Rona Pesona Indonesia dapat menjadi bahan bacaan pada BIPA jenjang B2. 2) penelitian ini dapat memberikan wawasan pengajar mengenai ragam bahasa yang penting disesuaikan pada pembelajaran yang dibutuhkan pemelajar asing untuk belajar bahasa Indonesia. 3) penelitian ini dapat menjadi sumber atau referensi untuk penelitian selanjutnya yang lebih relevan dan memiliki kebaruan pada pembelajaran BIPA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: ragam bahasa tulis, materi ajar BIPA, BIPA tingkat menengah, Keio University Japan
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 02 Oct 2024 03:01
Last Modified: 02 Oct 2024 03:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64415

Actions (login required)

View Item View Item