PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIPA VIDEO ANIMASI ASPEK MENYIMAK BAGI PEMELAJAR ASING TINGKAT DASAR UNIVERSITAS THAMMASAT THAILAND


Mala Rif’atuz Zulfa, 2101418072 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIPA VIDEO ANIMASI ASPEK MENYIMAK BAGI PEMELAJAR ASING TINGKAT DASAR UNIVERSITAS THAMMASAT THAILAND. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2101418072_Mala Rif'atuz Zulfa.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Berangkat dari permasalahan kesulitan oleh pemelajar dalam pembelajaran menyimak, minimnya ketersediaan media pembelajaran pada aspek menyimak pemelajar BIPA tingkat dasar di Thailand khususnya Universitas Thammasat, pentingnya menciptakan pembelajaran BIPA yang interaktif, dan sulitnya menemukan sarana pembelajaran berupa media yang sesuai dan mudah diakses, sehingga perlu adanya media pembelajaran yang menarik dan sesuai kebutuhan dalam pembelajaran menyimak bagi Pemelajar BIPA tingkat dasar A2 di Universitas Thammasat. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan hasil analisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi pada aspek menyimak bagi pemelajar asing tingkat dasar Thailand, (2) mendeskripsikan prototipe produk media pembelajaran berbasis video animasi pada aspek menyimak bagi pemelajar asing tingkat dasar Thailand, dan (3) mendeskripsikan hasil penilaian ahli pada produk media pembelajaran berbasis video animasi pada aspek menyimak bagi pemelajar aisng tingkat dasar Thailand. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Peneliti menggunakan lima langkah dari sepuluh langkah penelitian, yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, dan (5) revisi desain. Data yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu data kebutuhan pengajar BIPA, data kebutuhan pemelajar BIPA tingkat dasar A2, dan data skor penilaian dosen ahli. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: (1) pedoman wawancara kebutuhan pengajar BIPA terhadap media pembelajaran video animasi aspek menyimak, (2) angket kebutuhan pemelajar BIPA A2 terhadap media pembelajaran video animasi aspek menyimak, dan (3) angket penilaian penilaian prototipe media pembelajaran. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) hasil analisis kebutuhan menurut persepsi pemelajar dan pengajar menghasilkan karakteristik media pembelajaran video animasi aspek menyimak yang menyajikan percakapan, kosakata, serta latihan soal. Pilihan tema yang dipilih oleh para pemelajar meliputi tiga tema, yaitu Memesan Makanan di Restoran, Menonton Film, dan Bertemu Tetangga Baru. Kemudian pada tampilan maupun grafika menghasilkan karakteristik media pembelajaran dengan tampilan animasi dewasa, durasi rata-rata lima menit, pengisi suara dengan tempo yang sedang, jenis font noto serif pada teks, dan backsound pendukung berupa musik atau instrumen tradisional. (2) Pengembangan media pembelajaran BIPA mengacu pada data kebutuhan guru dan siswa, berpedoman pada buku ajar yang digunakan pada pembelajaran Bahasa Indonesia di Universitas Thammasat, Peraturan Menteri Pendidikan dan 75 Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017, serta dilengkapi dengan hasil studi pustaka. (3) Hasil penilaian dosen ahli terhadap media pembelajaran yaitu pada aspek materi memperoleh skor rata-rata 4,58 dengan kategori sangat baik, pada aspek penyajian memperoleh skor rata-rata 4,75 dengan kategori sangat baik, dan pada aspek kebahasaan memperoleh skor rata-rata 4,57 dengan kategori sangat baik. jika dikalkulasikan nilai rata-rata keseluruhan media pembelajaran berbasis video animasi pada aspek menyimak bagi pemelajar tingkat dasar A2 di Universitas Thammasat yaitu 4,65 yang dikategorikan sangat baik. (4) Saran perbaikan dari dosen ahli terhadap media pembelajaran dilakukan perbaikan dalam tiga aspek, yaitu (1) aspek materi, (2) aspek penyajian, dan (3) aspek kebahasaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran BIPA, video animasi, menyimak, tingkat dasar A2.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 02 Oct 2024 02:58
Last Modified: 02 Oct 2024 02:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64413

Actions (login required)

View Item View Item