ANALISIS STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS DESKRIPSI PADA LAMAN KOTOMONO.CO SERTA KELAYAKANNYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA KELAS VII SMP
Rina Isriaty, 2101418071 (2023) ANALISIS STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS DESKRIPSI PADA LAMAN KOTOMONO.CO SERTA KELAYAKANNYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA KELAS VII SMP. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Keberhasilan suatu pembelajaran tidak terlepas dari pemilihan sumber belajar yang tepat. Materi yang diajarkan siswa cenderung mengandalkan buku teks saja, sehingga perlu adanya inovasi dalam penyajian materi teks deskripsi. Melihat perkembangan teknologi yang semakin pesat memberikan kemudahan bagi guru untuk berinovasi membuat dan menyajikan materi pembelajaran kepada siswa. Media massa sangat dekat dengan masyarakat. Jenis media massa daring adalah jenis media massa yang sering diakses oleh masyarakat. Media massa daring tidak hanya menyajikan warta saja, tetapi luas berupa wacana deskriptif yang membahas opini-opini berdasarkan fakta. Media massa daring tersebut contohnya yaitu pada laman Kotomono.co. Tujuan penelitian mendeskripsi struktur serta kelayakan teks deskripsi pada laman Kotomono.co sebagai sumber belajar siswa kelas VII SMP, mendeskripsi kebahasaan serta kelayakan teks deskripsi pada laman Kotomono.co sebagai sumber belajar siswa kelas VII SMP. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif. Pendekatan penelitian ini pendekatan teoritis dan pendekatan metodelogis. Pendekatan teoritis ini teori teks deskripsi dan teori sumber belajar. Kemudian pendekatan metodelogis penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Data penelitian ini wacana berjumlah 40 judul pada laman Kotomono.co berjudul “40 Tempat Wisata Pekalongan yang Hits dan Terbaru 2023." Sumber data penelitian ini media massa daring laman Kotomono.co. Teknik pengumpulan data menggunakan metode pengumpulan data dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman meliputi: a) reduksi data, b) penyajian data, c) menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah 1) Teks pada laman Kotomono.co edisi wisata dengan judul “40 Tempat Wisata Pekalongan yang Hits dan Terbaru 2023” tidak mempunyai struktur teks deskripsi serta tidak layak digunakan sebagai sumber belajar. 2) Teks pada laman Kotomono.co edisi wisata dengan judul “40 Tempat Wisata Pekalongan yang Hits dan Terbaru 2023” mempunyai kebahasaan teks deskripsi serta layak digunakan sebagai sumber belajar. 3) Hasil kelayakan sebagai sumber belajar yang hanya bisa digunakan yaitu pada aspek kebahasaan saja yaitu berjumlah 23 teks, dan 17 tidak layak. Saran dari penelitian ini supaya guru bisa berinovasi mencoba memanfaatkan media massa sebagai sumber belajar. Bagi peneliti berikutnya, untuk lebih mengembangkan lagi penelitiannya dengan menggunakan metode lain yang lebih bervariasi dan efektif.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teks Deskripsi, Sumber Belajar. |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1) |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 02:53 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 02:53 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64412 |
Actions (login required)
View Item |