DETERMINASI MINAT BERWIRAUSAHA SISWA SMK NEGERI BISNIS DAN MANAJEMEN KOTA SEMARANG


Fazri Mohehu, 0701521030 (2023) DETERMINASI MINAT BERWIRAUSAHA SISWA SMK NEGERI BISNIS DAN MANAJEMEN KOTA SEMARANG. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 0701521030 - Fazri Mohehu.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Minat berwirausaha merupakan suatu kecenderungan hati pada diri seseorang untuk tertarik dalam menciptakan suatu usaha, kemudian melakukan pengorganisasian, melakukan pengaturan, menanggung resiko serta mengembangkan usaha yang diciptakan oleh diri sendiri. Berdasarkan hasil observasi ditemukan bahwa terdapat masalah dengan minat berwirausaha siswa, hal ini ditunjukan dengan mayoritas dari para siswa kurang yakin ataupun masih ragu�ragu menjadi wirausaha sehingga membuat minat menjadi wirausaha cenderung rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan kewirausahaan, lingkungan keluarga dan self efficacy baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap minat berwirausaha melalui motivasi berwirausaha. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK negeri bisnis dana manajemen kota Semarang sebanyak 608 siswa. Penentuan sampel dalam penelitian ini mengunakan metode proportionate stratified random sampling dengan jumlah 138 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif, analisis jalur dan uji sobel. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) pengaruh positif antara pengetahuan kewirausahaan terhadap motivasi berwirausaha sebesar 13,2%. (2) pengaruh positif antara lingkungan keluarga terhadap motivasi berwirausaha sebesar 5,2%. (3) pengaruh positif antara self efficacy terhadap motivasi berwirausaha sebesar 12,3%. (4) pengaruh positif pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha melalui motivasi berwirausaha secara total sebesar 27,5%. (5) pengaruh positif lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha melalui motivasi berwirausaha secara total sebesar 15,8%. (6) pengaruh positif self efficacy terhadap minat berwirausaha melalui motivasi berwirausaha secara total sebesar 54,5%. (7) pengaruh positif antara motivasi berwirausaha terhadap minat berwirausaha sebesar 43,1%. Secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa seluruh hipotesis dalam penelitian ini dinyatakan diterima, baik variabel pengetahuan kewirausahaan, lingkungan keluarga dan self efficacy berpengaruh terhadap minat berwirausaha yang dimediasi oleh variabel motivasi berwirausaha. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti untuk semua pihak, baik guru, keluarga, siswa dan sekolah adalah harus lebih memaksimalkan peran masing-masing untuk meningkatkan minat berwirausaha siswa, sehingga mampu menciptakan lulusan yang bukan hanya berorientasi untuk mencari kerja tapi melahirkan kualitas lulusan yang mampu menciptakan lapangan pekerjaan melalui wirausaha.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga, Self Efficacy, Motivasi Berwirausaha, Minat Berwirausaha.
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Ekonomi, S2
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 01 Oct 2024 07:12
Last Modified: 01 Oct 2024 07:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64399

Actions (login required)

View Item View Item