PENGARUH MOTIVASI DIRI, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN LITERASI TECHNOPRENEURSHIP TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MELALUI EFIKASI DIRI SISWA SMK NEGERI DI KABUPATEN SEMARANG
Dinar Girindiawati, 0701520004 (2023) PENGARUH MOTIVASI DIRI, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN LITERASI TECHNOPRENEURSHIP TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MELALUI EFIKASI DIRI SISWA SMK NEGERI DI KABUPATEN SEMARANG. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Minat berwirausaha merupakan merupakan ketertarikan seseorang terhadap kegiatan usaha dengan kreatifitas untuk memanfaatkan peluang dan mampu menanggung resiko yang akan dihadapi tanpa adanya paksanaan. Berdasarkan data yang diperoleh dari Tracer Study guru Bimbingan Konseling SMK Negeri di Kabupaten Semarang tahun 2020/2021 menunjukkan bahwa lulusan SMK yang berwirausaha belum optimal, sehingga masih diperlukan peningkatan jumlah siswa yang berwirausaha. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menguji apakah terdapat pengaruh motivasi diri, lingkungan keluarga, literasi technoprenuership terhadap minat berwirausaha melalui efikasi diri sebagai varibel mediasi pada siswa SMK Negeri di Kabupaten Semarang. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK Negeri di Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 3.501 siswa. Sampel sebanyak 170 siswa ditentukan dengan menggunakan rumus Solvin. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proposionate random sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel motivasi diri (38,56%), lingkungan keluarga (3,92%), literasi technoprenuership (1,93%), dan efikasi diri (28,5%) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha. Secara tidak langsung terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel motivasi diri (15,49%), lingkungan keluarga (10,47%), literasi technoprenuership (22,41%) melalui efikasi diri terhadap minat berwirausaha pada siswa SMK Negeri di Kabupaten Semarang. Efikasi diri sebagai variabel mediasi menunjukkan bentuk perfect mediation pada pengaruh lingkungan keluarga dan literasi technoprenuership terhadap minat berwirausaha. Disimpulkan bahwa variabel efikasi diri mampu memediasi pengaruh motivasi diri, lingkungan keluarga, literasi technoprenuership terhadap minat berwirausaha. Disarankan untuk peningkatan motivasi diri siswa melalui berbagai kegiatan dan peningkatan efikasi diri yang lebih intensif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi diri, lingkungan keluarga, literasi technopreneurship, efikasi diri, minat berwirausaha |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Ekonomi, S2 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 01 Oct 2024 06:37 |
Last Modified: | 01 Oct 2024 06:37 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64390 |
Actions (login required)
View Item |