FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KESEDIAAN MENERIMA VAKSINASI COVID-19 (STUDI KASUS PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN IMAM SYAFI’I KABUPATEN BREBES)


Laeli Nur Amaliani, 0613519020 (2023) FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KESEDIAAN MENERIMA VAKSINASI COVID-19 (STUDI KASUS PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN IMAM SYAFI’I KABUPATEN BREBES). Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 0613519020-Laeli Nur Amaliani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Virus SARSCoV2 atau COVID-19 menjadi masalah di industri kesehatan dikala ini, serta sudah jadi permasalahan global yang dialami oleh seluruh negeri. Dalam hal ini, pengembangan vaksin merupakan metode yang sangat membolehkan buat menghindari penyebaran pandemi lebih lanjut. Vaksin tidak cuma bisa membagikan proteksi untuk orang yang divaksinasi, namun pula membagikan proteksi untuk segala warga dengan kurangi penyebaran penyakit di antara penduduk. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis faktor yang berhubungan dengan kesediaan menerima vaksinasi Covid-19 (studi kasus pada santri di Pondok Pesantren Imam Syafi’i Kabupaten Brebes). Penelitian ini merupakan penelitian Mixed methods research design (rancangan penelitian metode campuran). Populasi penelitian ini yaitu semua santri pesantren Imam Syafi’i Brebes sebanyak 160 santri. Penentuan jumlah sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel total sampling dengan mengikut sertakan semua populasi menjadi sampel penelitian sebanyak 160 santri. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu kuesioner. Analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis univariat (distribusi frekuensi), analisis bivariat (uji rank spearman correlation) dan analisis multivariat (uji ordinal logistic regresion). Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan signifikan antara umur, jenis kelamin, pengetahuan, sikap dan akses informasi kesehatan dengan rendahnya kesediaan menerima vaksin Covid-19 pada santri pondok pesantren Imam Syafi’i Brebes. Sedangkan variabel kepercayaan dan dukungan tokoh masyarakat tidak berhubungan dengan rendahnya kesediaan menerima vaksin Covid-19 pada santri pondok pesantren Imam Syafi’i Brebes. Variabel umur dan variabel akses informasi kesehatan merupakan faktor dengan hubungan paling kuat dengan rendahnya kesediaan menerima vaksin Covid-19 pada santri pondok pesantren Imam Syafi’i Brebes.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Covid-19, predisposing factor, reinforcing factor, enabling factor.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Fakultas: Pasca Sarjana > Kesehatan Masyarakat, S2
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 01 Oct 2024 04:34
Last Modified: 01 Oct 2024 04:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64378

Actions (login required)

View Item View Item