EFEKTIVITAS MEDIA BOOKLET “SEGI BUSUI” TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG GIZI SEIMBANG PADA IBU MENYUSUI BAYI 0-6 BULAN


Mey Linda Darmayanti, 0613519008 (2023) EFEKTIVITAS MEDIA BOOKLET “SEGI BUSUI” TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG GIZI SEIMBANG PADA IBU MENYUSUI BAYI 0-6 BULAN. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 0613519008  - Mey Linda Darmayanti.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

dengan produksi ASI, pemulihan masa nifas, serta pengaruh lainnya terhadap keberlangsungan ibu nifas atau menyusui tersebut. Hal yang perlu diperhatikan adalah apabila gizi ibu menyusui tidak terpenuhi maka kebutuhan gizi pembentukan produksi ASI akan diambil dari cadangan yang ada pada ibu. Kondisi ini yang akan menyebabkan ibu mengalami resiko timbulnya penyakit dan kekurangan gizi secara kronis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media Booklet “Segi Busui” dan untuk mengetahui efektivitas media booklet “Segi Busui” Terhadap Pengetahuan dan Sikap tentang Gizi Seimbang pada Ibu Menyusui Bayi 0-6 bulan. Subjek dan Metode: Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D (Research and Development) dengan model pengembangan Borg & Gall dan pre�experimental dengan rancangan one group pretest-posttest design. Sampel sebanyak 48 responden dengan menggunakan metode purposive sampling. Analisis data menggunakan analisis univariat dan analisis bivariat dengan uji Wilcoxon dan N-Gain. Pembahasan: Hasil analisis statistik menggunakan uji wilcoxon, didapatkan nilai p value (0,000) < α (0,05) maka H0 ditolak H1 diterim terdapat pengaruh signifikan pada variable. Dari hasil uji peningkatan n-gain didapatkan hasil 0,6 kriteria mengalami peningkatan skor pengetahuan dan sikap pada kategori sedang saat setelah menggunakan media booklet “Segi Busui”. Kesimpulan: Media booklet “Segi Busui” efektif terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap tentang gizi seimbang pada ibu menyusui bayi 0-6 bulan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media Booklet, Pengetahuan, Sikap dan Gizi Seimbang Ibu Menyusui
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Fakultas: Pasca Sarjana > Kesehatan Masyarakat, S2
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 01 Oct 2024 04:27
Last Modified: 01 Oct 2024 04:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64377

Actions (login required)

View Item View Item