KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DAN MEMBACA CEPAT MAHASISWA AFIRMASI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
Yosina Syulce Stevani Ikari, 2101416101 (2023) KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DAN MEMBACA CEPAT MAHASISWA AFIRMASI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (13MB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan membaca pemahaman dan membaca cepat menjadi penting bagi mahasiswa. Mahasiswa sebagai agen perubahan dituntut untuk dapat berliterasi di era industri. Kemampuan membaca pemahaman menunjukkan kemampuan kritis mahasiswa. Kemamppuan membaca pemahaman dapat dihitung melalui Kemampuan Efektif Membaca (KEM). Penilitian ini mencoba mengukur kemampuan membaca pemahaman dan membaca cepat mahasiswa afirmasi di Universitas Negeri Semarang. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kemampuan membaca pemahaman dan membaca cepat mahasiswa afirmasi di Universitas Negeri Semarang. Mahasiswa Afirmasi UNNES merupakan mahasiswa Papua yang menempuh pendidikan diluar Papua melalui bantuan beasiswa Afirmasi Dikti ke perguruan tinggi di seluruh Nusantara Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Analisis ini dilakukan dengan menganalisis kemampuan membaca mahasiswa dengan menerapkan metode membaca pemahaman dan membaca cepat dengan menggunakan metode konvensional. Dalam penelitian ini dievaluasi untuk melihat peningkatan pemahaman membaca mahasiswa terhadap teks bacaan yang telah diterapkan dengan metode membaca pemahaman dan membaca cepat. Subjek penelitian adalah mahasiswa Afirmasi yang kuliah di Universitas Negeri Semarang. Sampel secara acak diambil dari beberapa fakultas di Universitas Negeri Semarang yaitu Fakultas Bahasa dan Seni, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas MIPA, dan Fakultas Ilmu Keolahragaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik tes tertulis untuk mengetahui kemampuan memahami dan membaca cepat isi satu teks bacaan. Dari tes tersebut dapat diketahui tingkat kemampuan memahami dan membaca cepat satu teks bacaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca mahasiswa Afirmasi di Universitas Negeri Semarang tergolong ke kategori tinggi. Hal ini disebabkan karena minat baca yang tinggi. Hanya saja konsistensi membaca mahasiswa Afirmasi belum tampak menonjol. Hal ini disebabkan beragam aktivitas lain yang dilakukan oleh mahasiswa. Saran dari penelitian ini, diharapkan mahasiswa bisa lebih meningkatkan lagi minat baca dengan membuat komunitas baca untuk anak Afirmasi guna meningkatkan kemampuan membaca mereka. Konsistensi membaca mahasiswa afirmasi perlu ditingkatkan guna mendapatkan pemahaman membaca yang lebih baik dan meningkatkan kemampuan berfikir kritis mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Membaca Pemahaman, Membaca Cepat, Afirmasi, KEM |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 01 Oct 2024 04:05 |
Last Modified: | 01 Oct 2024 04:05 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64369 |
Actions (login required)
View Item |