PROMOSI WISATA OLAHRAGA PARALAYANG WAYU KABUPATEN SIGI PROVINSI SULAWESI TENGAH DITINJAU DARI ASPEK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DAN KEPUASAN PENGUNJUNG


MOH. RIFKI, 0602521042 (2023) PROMOSI WISATA OLAHRAGA PARALAYANG WAYU KABUPATEN SIGI PROVINSI SULAWESI TENGAH DITINJAU DARI ASPEK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DAN KEPUASAN PENGUNJUNG. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 0602521042 _MOH. RIFKI.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (18MB) | Request a copy

Abstract

Wisata olahraga merupakan salah satu industri dalam bidang pariwisata yang sangat populer sehingga pemerintah, pengelola dan komunitas terkait saat ini memanfaatkan media sosial sebagai media promosi pariwisata. Hal ini juga gunakan oleh sektor pariwisata olahraga paralayang Wayu Kabupaten Sigi Provinsi Sulawesi Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis promosi objek wisata olahraga paralayang Wayu ditinjau dari kesejahteraan masyarakat yang bekerja di objek wisata dan kepuasan pengunjung. Desain penelitian ini menggunakan metode (Mixed Methods) menggabungkan penelitian kuantitatif dan kualitatif dengan rancangan Convergent Parallel Design. Teknik pengumpulan data penelitian dengan cara pengamatan di lapangan dengan media (observasi, wawancara, angket dan dokumentasi). Teknik analisis data penelitian kualitatif menggunakan bantuan software NVivo untuk mengetahui hasil dari wawancara dari 4 orang responden. Sedangkan penelitian kuantitatif data hasil pengisian angket dari 15 orang pekerja di objek wisata dan 387 orang pengunjung wisata, kemudian dianalisis deskriptif persentase dengan bantuan software Microsoft Excel dan SPSS 22. Hasil data penelitian kualitatif menunjukan bahwa (1) kurangnya pemanfaatan media sosial (2) tidak mempromosikan secara detail tentang informasi objek wisata (3) letak strategis objek wisata yang memperlihatkan pemandangan Kota Palu, objek wisata olahraga paralayang Wayu sebagai tempat Latihan, event kejuaraan, camping ground, dan tempat upacara peringatan hari nasional (4) membuka lapangan kerja bagi masyarakat, akses menuju lokasi yang kurang baik, sarana dan prasarana yang ada di objek wisata olahraga paralayang Wayu cukup baik. Sedangkan hasil data kuantitatif tentang kesejahteraan masyarakat berada persentase 40% di kategori sedang dan kepuasan pengunjung berada persentase 44% di kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa objek wisata olahraga paralayang Wayu memiliki potensi yang dapat dipromosikan melalui media sosial dilihat dari sarana dan prasarana pendukung kemudian lokasinya yang strategis sebagai tempat olahraga paralayang dan camping ground serta dukungan dari keunikan lainnya yang ada di objek wisata olahraga paralayang Wayu. hal ini dapat memberikan kontribusi sedang terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat dan kepuasan serta kenyamanan pengunjung.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Promosi, Wisata, Olahraga, Kesejahteraan Masyarakat, Kepuasan Pengunjung.
Subjects: O Sport > Relaxation
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga S2
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 01 Oct 2024 03:29
Last Modified: 01 Oct 2024 03:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64361

Actions (login required)

View Item View Item