PRARANCANGAN PABRIK N-BUTIL METAKRILAT DARI ASAM METAKRILAT DAN BUTANOL DENGAN PROSES ESTERIFIKASI MENGGUNAKAN KATALIS ASAM SULFAT KAPASITAS 84.000 TON/TAHUN


Kristianty Dahoklory, 5213416075 (2021) PRARANCANGAN PABRIK N-BUTIL METAKRILAT DARI ASAM METAKRILAT DAN BUTANOL DENGAN PROSES ESTERIFIKASI MENGGUNAKAN KATALIS ASAM SULFAT KAPASITAS 84.000 TON/TAHUN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5213416075 - Kristianty Dahoklory.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

N-butil metakrilat memiliki rumus kimia C8H14O2 merupakan cairan bening dan tidak berwarna dengan bau seperti ester yang samar. N-butil metakrilatmempunyai nama kimia 2- Propeonic acid, 2-methyl, buthyl ester, dan 2-methyl buthyl acrylate. N-butil metakrilat memiliki kegunaan sebagai pendispersi pigmen, promotor perekatan dalam industri pelapisan kulit, pengkilap lantai, lapisan pelindung pada industry cat. Diperkirakan kebutuhan N-butil metakrilat akan meningkat dengan semakin berkembangnya industri pengolahan N-butil metakrilat di dunia. Dengan menggunakan metode esterifikasi N-butil metakrilat di produksi dengan bahan baku asam metakrilat dan butanol. Esterifikasi adalah reaksi antara asam karboksilat dengan alkohol menghasilkan ester. Dalam esterifikasi antara asam metakrilat dan butanol, perbandingan mol reaktan yang biasa digunakan adalah 1,0:1,2. Dalam proses esterfikasi Butanol dan asam metakrilat di dalam reaktor alir tangki berpengaduk pada suhu 900C dengan tekanan 1 atm, suhu reaktor harus tetap dijaga pada 900C dengan menggunakan jaket agar reaksi tetap berlangsung secara eksotermis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: N-butil metakrilatat, butanol, reaktor, esterfikasi
Subjects: Q Science > QD Chemistry > Chemical Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Kimia, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 30 Sep 2024 07:41
Last Modified: 30 Sep 2024 07:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64348

Actions (login required)

View Item View Item