PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BASELINE GAME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENIS LAPANGAN
ARIF HARYANTO, 0602519074 (2023) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BASELINE GAME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENIS LAPANGAN. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah pencapaian hasil belajar yang optimal pada mata kuliah tenis lapangan dapat dicapai melalui peranan yang sangat penting dari seorang pengajar maupun mahasiswa dalam pelaksanaan pembelajaran. Oleh karena itu, harus dapat menerapkan model pembelajran yang tepat sesuai dengan kebutuhan dilapangan. Tujuan dari penelitian ini (1) menganalisis produk model baseline game sebagai model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar tenis lapangan, (2) menganalisis bagaimana baseline game efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar tenis lapangan, dan (3) menganalisis respon keterterimaan produk baseline game sebagai model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar tenis lapangan mahasiswa Prodi SI -PJKR Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). subjek penelitian adalah mahasiswa Prodi SI- PJKR Universitaas Negeri Gorontalo. Data berupa hasil penilaian mengenai kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, dan hasil pengisian kuesioner oleh mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner yang diperoleh dari evaluasi ahli, uji coba kelompok kecil (20 mahasiswa), dan uji kelompok besar (50 mahasiswa). Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase untuk mengungkap aspek kognitif, afektif dan psikomotor mahasiswa yang telah menggunakan produk. Berdasarkan hasil penelitian, 1) hasil validasi yang dilakukan oleh para ahli di dapat rata – rata lebih dari 4 (empat) atau masuk dalam kategori penilaian “baik”, 2) menghasilkan produk model pembelajran baseline game, 3) uji coba skala kecil didapat hasil kuesioner rata-rata persentase pilihan jawaban yang sesuai 88% (baik), 4) uji coba skala besar dari hasil kuesioner rata-rata persentase pilihan jawaban yang sesuai 93,13% (baik). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah menghasilkan produk model pembelajaran “baseline game” yang dapat diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar tenis lapangan mahasiswa Prodi S1- PJKR Universitas Negeri Gorontalo.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Baseline Game, Tenis Lapangan. |
Subjects: | O Sport > Education, Training, Research |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga S2 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 30 Sep 2024 06:45 |
Last Modified: | 30 Sep 2024 06:45 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64339 |
Actions (login required)
View Item |