PENGEMBANGAN ELECTRONIC LEARNING PENDIDIKAN JASMANI BERBASIS MOODLE TERINTEGRASI MUATAN RELIGIUS PADA TOPIK PENCAK SILAT DI SEKOLAH MENENGAH ATAS GENRUS NUSANTARA BOARDING SCHOOL KENDAL


Okfian Setiaji, 0602518066 (2023) PENGEMBANGAN ELECTRONIC LEARNING PENDIDIKAN JASMANI BERBASIS MOODLE TERINTEGRASI MUATAN RELIGIUS PADA TOPIK PENCAK SILAT DI SEKOLAH MENENGAH ATAS GENRUS NUSANTARA BOARDING SCHOOL KENDAL. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 0602518066_Okfian Setiaji.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penerapan kebijakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) membutuhkan media yang dapat mendukung proses PJJ secara efektif. Lebih lanjut, pendidikan karakter dalam situasi PJJ harus tetap berjalan. Moodle merupakan salah satu platform electronic learning yang dapat dikembangkan untuk mendukung PJJ secara efektif. Agar tidak hanya berfungsi sebagai media transfer pengetahuan, maka electronic learning berbasis moodle perlu diintegrasikan dengan nilai religius. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) menghasilkan electronic learning penjas berbasis moodle terintegrasi muatan religius pada topik pencak silat di SMA GNBS Kendal; (2) menguji kelayakan electronic learning; dan (3) menguji keefektifan electronic learning. Penelitian ini merupakan Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/ R&D) dengan menggunakan tiga tahap model 4D. Prosedur pengembangan meliputi: tahap studi pendahuluan (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (develop). Produk final dihasilkan setelah melewati tahap uji validasi oleh ahli serta dua kali uji coba yaitu skala kecil dan skala besar. Uji coba skala kecil dilakukan terhadap 20 peserta didik kelas X sedangkan uji coba skala besar dilakukan terhadap 73 siswa kelas X di SMA GNBS Kendal. Analisis data yang digunakan meliputi: uji kelayakan, uji respon siswa, uji keefektifan media, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) electronic learning dikembangkan menggunakan sebuah LMS moodle versi 3.11.6 dan produk electronic learning https://elearning.smagnbskendal.sch.id/ dengan fitur seperti: pertemuan virtual, materi pembelajaran dalam bentuk e-book, forum diskusi, video pembelajaran, dan ujian online; (2) produk electronic learning telah dinyatakan layak sebagai media pembelajaran berdasarkan hasil uji kelayakan oleh ahli bidang media pembelajaran dengan persentase 93,75% dengan kriteria “sangat layak”, ahli dalam bidang keilmuan penjas dengan persentase 87,50% dengan kriteria “sangat layak”, dan respon pengguna dengan persentase 79,50% dengan kriteria “baik”; (3) produk electronic learning terbukti efektif berdasarkan hasil uji t sampel berpasangan yang diambil dari data nilai pretest dan posttest. Simpulan, muatan religius dalam electronic learning menjadikan guru dapat menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter selama proses pembelajaran sehingga electronic learning mwnjadi layak dan efektif

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: electronic learning, moodle, religius, pencak silat
Subjects: O Sport > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga S2
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 30 Sep 2024 06:26
Last Modified: 30 Sep 2024 06:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64333

Actions (login required)

View Item View Item