PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS INQUIRY LEARNING MATERI LARUTAN PENYANGGA UNTUK MENINGKATKAN MULTIPLE INTELEGENCE PESERTA DIDIK
Alga Arine FristyaYuniar, 0404520003 (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS INQUIRY LEARNING MATERI LARUTAN PENYANGGA UNTUK MENINGKATKAN MULTIPLE INTELEGENCE PESERTA DIDIK. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Mata pelajaran kimia merupakan mata pelajaran yang erat kaitannya dengan pembelajaran yang menuntut peserta didik untuk aktif dalam pemecahan masalah. Adanya hal tersebut, diperlukan suatu pengembangan lembar kerja untuk mendukung kegiatan pembelajaran kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Inquiry Learning. Materi Larutan Penyangga untuk meningkatkan kecerdasan logis matematis. Kualitas LKPD diukur dengan kriteria kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan dalam proses pembelajaran. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 3D (define, design and develop). Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 6 Semarang. Uji skala kecil dilakukan di kelas XI IPA 6 dan uji skala besar pada kelas XI IPA 5 sebagai subjek penelitian. Instrumen penelitian yaitu LKPD berbasis Inquiry Learning materi larutan penyangga, soal tes kecerdasan logis matematis, dan lembar observasi kecerdasan interpersonal. Validitas LKPD ditinjau dari validasi materi dan validasi media. Uji peningkatan kecerdasan logis matematis dilakukan dengan menghitung uji N�Gain, uji Paired Sampel t-test, dan ketuntasan klasikal. Peningkatan kecerdasan interpersonal dianalisis melalui lembar observasi pada pertemuan awal dan akhir materi penyangga dan penyangga dengan menghitung persentase kenaikan kecerdasan interpersonal. Hasil uji kelayakan LKPD validasi ahli materi sebesar 93,77% pada kategori sangat baik dan validasi ahli media sebesar 94,46% pada kategori sangat baik serta layak untuk dikembangkan dengan hasil uji skala kecil dengan rata-rata penilaian responden 87,43% pada kriteria sangat baik. Uji peningkatan kecerdasan logis matematis uji N-Gain yang telah dilakukan menunjukkan N-Gain 0,60 materi penyangga dengan kriteria sedang. Uji t menunjukkan bahwa harga thitung sebesar 16,91 pada materi penyangga lebih besar dibandingkan harga ttabel sebesar 2,03 menunjukkan ada peningkatan nilai yang signifikan dari hasil pretest dan posttest. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis Inquiry Learning materi larutan penyangga dapat meningkatakan kecerdasan logis matematis dan interpersonal peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | lembar kerja peserta didik, Inquiry Learning, logis matematis, interpersona |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) Q Science > QD Chemistry |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia, S2 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 30 Sep 2024 03:41 |
Last Modified: | 30 Sep 2024 03:41 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64306 |
Actions (login required)
View Item |