PENGARUH IKLAN ONLINE, CELEBRITY ENDORSER, DAN VIRAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MINAT BELI MIE INSTAN (Studi Pada Konsumen Produk Indomie Seblak Hot Jeletot di Semarang)


Tsummadana Mita Soraya, 7311417194 (2021) PENGARUH IKLAN ONLINE, CELEBRITY ENDORSER, DAN VIRAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MINAT BELI MIE INSTAN (Studi Pada Konsumen Produk Indomie Seblak Hot Jeletot di Semarang). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7311417194 - Tsummadana Mita Soraya.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang sangat berkembang pesat membuat persaingan di dunia bisnis menjadi semakin ketat. Salah satunya media sosial menjadi topik hangat di Indonesia yang memainkan peran sangat penting dalam strategi pemasaran multi-saluran perusahaan karena dapat menunjang keberlangsungan suatu bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan online, celebrity endorser, dan viral marketing terhadap keputusan pembelian melalui minat beli pada konsumen Indomie seblak hot jeletot di Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Indomie seblak hot jeletot. Sampel yang digunakan berjumlah 100 sampel konsumen Indomie seblak hot jeletot dengan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi menggunakan analisis jalur (path analysis) melalui software IBM SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel iklan online, celebrity endorser, dan viral marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji path analysis menunjukkan bahwa minat beli dapat memediasi iklan online, celebrity endorser, dan viral marketing, serta memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Simpulan dari penelitian ini adalah iklan online, celebrity endorser, dan viral marketing dapat meningkatkan keputusan pembelian. Minat beli juga dapat memediasi pengaruh iklan online, celebrity endorser, dan viral marketing terhadap keputusan pembelian. Bagi PT Indofood CBP Sukses Makmur diharapkan untuk terus meningkatkan penggunaan iklan online, pemanfaatan selebriti dengan kredibilitas dan daya tarik tinggi, serta viral marketing sehingga dapat menciptakan ulasan atau komentar positif dari pelanggan. Diharapkan pada penelitian yang akan datang untuk menambah variabel lain yang belum diteliti.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Iklan Online, Celebrity Endorser, Viral Marketing, Minat Beli, Keputusan Pembelian.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 30 Sep 2024 03:05
Last Modified: 30 Sep 2024 03:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64299

Actions (login required)

View Item View Item