INTERAKSI E-SERVICE QUALITY, EXPERIENTIAL MARKETING, KEPERCAYAAN, DAN KEPUASAN TERHADAP REPURCHASE INTENTION PADA KONSUMEN BUKALAPAK


Maulida Afiya Rahmania, 7311417093 (2021) INTERAKSI E-SERVICE QUALITY, EXPERIENTIAL MARKETING, KEPERCAYAAN, DAN KEPUASAN TERHADAP REPURCHASE INTENTION PADA KONSUMEN BUKALAPAK. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7311417093 - Maulida Afiya Rahmania.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Marketplace semakin giat dalam memberikan penawaran terhadap konsumennya. Berhasilnya sebuah perusahaan terjadi ketika jumlah transaksi di marketplace mengalami peningkatan. Setelah sukses menarik pembeli, perusahaan harus mampu menciptakan minat untuk melakukan pembelian berikutnya di marketplace perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh e�service quality, experiential marketing, kepercayaan, dan kepuasan, terhadap repurchase intention. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen Bukalapak dengan jumlah sampel sebanyak 98 responden. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik convenience sampling. Metode analisis sampel menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan program SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-service quality berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepercayaan dan kepuasan. experiential marketing berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepercayaan, tapi experiential marketing tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan. Kepercayaan dan kepuasan memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap repurchase intention. Simpulan dari penelitian ini terbukti bahwa e-service quality berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepercayaan dan kepuasan. experiential marketing berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepercayaan, tapi experiential marketing tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan. Kepercayaan dan kepuasan memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap repurchase intention. Saran bagi perusahaan untuk mulai membuat content marketing yang memiliki kedekatan emosional dengan masyarakat, menjalin relationship marketing dengan mitra, dan memberikan himbauan untuk selalu melakukan verifikasi dua langkah. Bagi peneliti selanjutnya apabila ingin tetap menggunakan variabel experiential marketing, dapat mengubah variabel dependennya, seperti brand loyalty, brand image, equity brand, dan lain-lain. Namun apabila ingin tetap menggunakan variabel kepuasan, peneliti dapat lebih melakukan pendalaman terhadap pembentuk e-service quality yang sesuai harapan konsumen atau meneliti variabel lain, seperti price, electronic word of mouth, dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: E-service quality, Experiential marketing, Kepercayaan, Kepuasan, Repurchase intention
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 30 Sep 2024 02:59
Last Modified: 30 Sep 2024 02:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64297

Actions (login required)

View Item View Item