PENGARUH PENGHARGAAN DAN MOTIVASI LAYANAN PADA KINERJA MELALUI KEPUASAN KERJA (Studi pada Tenaga Keperawatan Rumah Sakit Roemani Semarang)


Muhammad Fakhri, 7311415150 (2021) PENGARUH PENGHARGAAN DAN MOTIVASI LAYANAN PADA KINERJA MELALUI KEPUASAN KERJA (Studi pada Tenaga Keperawatan Rumah Sakit Roemani Semarang). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7311415150 - Muhammad Fakhri.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tenaga keperawatan merupakan sumber daya manusia yang berperan sangat penting pada rumah sakit. Untuk dapat melayani kepentingan pasien dengan baik, maka tenaga keperawatan perlu mempunyai kinerja yang baik. Variabel yang dapat mempengaruhi kinerja diantaranya adalah: penghargaan, motivasi layanan dan kepuasan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk: menguji pengaruh penghargaan dan motivasi layanan pada kinerja melalui kepuasan kerja, Populasi penelitian ini yaitu seluruh tenaga keperawatan rumah sakit Roemani Semarang yang berjumlah 187 orang. Pengambilan sampel menggunakan propotional random sampling, penentuaun jumlah sampel menggunakan rumus Slovin didapat sampel sebanyak 127 orang. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan kuesioner. Analisis data menggunakan statistik deskriptif presentase, analisis regresi dan analisis jalur, perhitungannya menggunakan bantuan program SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik penghargaan maupun motivasi layanan berpengaruh secara positif dan signifikan pada kinerja, selanjutnya penelitian ini menemukan bahwa penghargaan dan motivasi layanan berpengaruh pada kinerja melalui kepuasan kerja. Simpulan dari penelitian ini yaitu penghargaan dan motivasi layanan dapat meningkatkan kinerja perawat. Saran bagi rumah sakit Roemani Semarang agar selalu memberikan penghargaan pada tenaga keperawatan, memotivasi dengan mendorong tenaga keperawatan untuk meningkatkan layanan pada pasien dan selalu mensosialisasikan standar kerja tinggi, melakukan tugas yang baik, mengelola pekerjaan, menangani perubahan pekerjaan dan melakukan simpati dan empati dalam bekerja agar kinerja tenaga keperawatan rumah sakit Roemani meningkat menjadi tinggi. Bagi peneliti lain yang akan datang dapat memvariasikan variabel bebas lain yang belum diteliti pada penelitian ini, sehingga hasilnya akan memperkaya khasanah keilmuan manajemen sumber daya manusia khususnya kinerja tenaga keperawatan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: penghargaan, motivasi layanan, kepuasan kerja, kinerja, keperawatan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 30 Sep 2024 02:42
Last Modified: 30 Sep 2024 02:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64292

Actions (login required)

View Item View Item