PENGARUH FINANCIAL DISTRESS, DEBT DEFAULT DAN RASIO ARUS KAS TERHADAP OPINI AUDIT GOING CONCERN DENGAN KOMITE AUDIT SEBAGAI VARIABEL MODERATING


Cholifatur Rahman, 7211417195 (2021) PENGARUH FINANCIAL DISTRESS, DEBT DEFAULT DAN RASIO ARUS KAS TERHADAP OPINI AUDIT GOING CONCERN DENGAN KOMITE AUDIT SEBAGAI VARIABEL MODERATING. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7211417195 Cholifatur Rahman.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Opini audit going concern merupakan opini yang dikeluarkan auditor eksternal mengalami keraguan signifikan mengenai kemampuan perusahaan dalam mempertahankan kelangsungan hidupnya. Perusahaan yang menerima opini audit going concern akan menerima dampak buruk, sehingga hal tersebut memungkinkan manajemen untuk tidak mengungkapkan kondisi perusahaan yang sebenarnya ketika mengalami permasalahan going concern. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh financial distress, debt default, rasio arus kas terhadap opini audit going concern serta peran komite audit dalam memoderasi hubungan tersebut. Populasi penelitian ini adalah perusahan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2018-2019 sebanyak 179 perusahaan. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan memperoleh sebanyak 88 perusahaan dengan 176 unit analisis. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan uji analisis regresi logistik moderasi dengan menggunakan software SPSS 25. Hasil penelitian menujukkan bahwa financial distress dan debt default tidak berpengaruh terhadap opini audit going concern. Rasio arus kas berpengaruh negatif terhadap opini audit going concern. Sedangkan komite audit mampu memoderasi hubungan financial distress dan debt rasio arus kas terhadap opini audit going concern namun tidak mampu memoderasi hubungan debt default terhadap opini audit going concern. Simpulan pada penelitian ini yaitu dari enam hipotesis, hipotesis yang diterima yaitu rasio arus kas berpengaruh negatif terhadap opini audit going concern, komite audit memoderasi pengaruh financial distress dan rasio arus kas terhadap opini audit going concern. Saran untuk penelitian selanjutnya, diharapkan untuk menambah variabel lain diluar variabel yang telah diuji untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi opini audit going concern.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Financial distress; Debt default; Rasio Arus Kas; Komite Audit; Opini Audit Going concern
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 30 Sep 2024 02:38
Last Modified: 30 Sep 2024 02:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64291

Actions (login required)

View Item View Item