PENGARUH DIMENSI FRAUD DIAMOND DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK DENGAN SELF EFFICACY SEBAGAI VARIABEL MODERASI
Anisa Nur Rohmah, 7101417090 (2021) PENGARUH DIMENSI FRAUD DIAMOND DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK DENGAN SELF EFFICACY SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Perilaku kecurangan akademik merupakan salah satu masalah umum dibidang pendidikan, dimana kecenderungan perilaku kecurangan akademik akan menumbuhkan kebiasaan tidak jujur dan menurunkan kualitas sumber daya manusia. Tujuan penelitian ini untuk menguji dan menganalisis pengaruh tekanan, kesempatan, rasionalisasi, kemampuan dan kemandirian belajar terhadap perilaku kecurangan akademik serta peran self efficacy sebagai variabel moderasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah 142 siswa kelas XI jurusan akuntansi dan keuangan lembaga SMK Negeri 1 Purbalingga dengan sampel sebanyak 105 siswa yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui google form. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi moderasi atau moderated regression analysis MRA. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan tekanan, kesempatan, rasionalisasi, kemampuan dan kemandirian belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku kecurangan akademik sebesar 73,3%. Secara parsial tekanan dan kemandirian belajar berpengaruh negatif dan signifikan terhadap perilaku kecurangan akademik sementara kesempatan, rasionalisasi dan kemampuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku kecurangan akademik. Self efficacy secara signifikan dapat memoderasi pengaruh rasionalisasi namun tidak mampu memoderasi pengaruh tekanan, kesempatan, kemampuan dan kemandirian belajar terhadap perilaku kecurangan akademik. Simpulan dari penelitian ini adalah tekanan, kesempatan, rasionalisasi, kemampuan, kemandirian belajar berpengaruh terhadap perilaku kecurangan akademik. Self efficacy mampu memoderasi pengaruh rasionalisasi namun tidak mampu memoderasi pengaruh tekanan, kesempatan, kemampuan dan kemandirian belajar. Saran bagi kepala sekolah dan guru adalah meningkatkan pengawasan perilaku siswa dan selalu menanamkan pentingnya kejujuran sementara bagi siswa diharapkan mengamalkan sifat jujur dan lebih percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki serta optimis dengan hasil usaha yang telah dikerahkan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perilaku Kecurangan Akademik, Tekanan, Kesempatan, Rasionalisasi, Kemampuan, Kemandirian Belajar, Self Efficacy |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 30 Sep 2024 01:56 |
Last Modified: | 30 Sep 2024 01:56 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64281 |
Actions (login required)
View Item |