PENGEMBANGAN PHYSICS PROBAMOLE (PROBLEM BASED MOBILE LEARNING) BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH
Nila Zahidah, 0403519010 (2023) PENGEMBANGAN PHYSICS PROBAMOLE (PROBLEM BASED MOBILE LEARNING) BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran fisika membutuhkan media pembelajaran yang dapat menunjang proses tersebut agar siswa dapat memperoleh hasil belajar yang maksimal. Salah satu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran fisika adalah media mobile learning yang berbasis Android. Pada masa kini hampir semua siswa telah memiliki smartphone, sehingga akan lebih bermanfaat jika smartphone dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Selain media pembelajaran, kemampuan siswa yang dapat menunjang dalam kegiatan belajar adalah kemampuan pemecahan masalah. Kemampuan pemecahan masalah sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan pembelajaran fisika dapat melatih siswa untuk mengasah kemampuan pemecahan masalah. Siswa dapat diajak untuk memecahkan permasalahan yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan konsep fisika. Kegiatan pemecahan masalah fisika ini dapat membantu siswa untuk mengasah dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah yang dimilikinya. Salah satu inovasi yang dapat dilakukan adalah dengan menyusun media Physiscs Probamole (Problem Based Mobile Learning) berbasis Android yang dapat membantu siswa untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media Physics Probamole divalidasi kelayakan oleh ahli dan memperoleh persentase kelayakan sebesar 91,44% dengan kriteria sangat layak. Efektivitas penggunaan media juga termasuk dalam kategori yang baik dengan persentase respon siswa setelah menggunakan media Physics Probamole sebesar 73,00%. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada siswa setelah menggunakan media Physics Probamole berada pada kategori yang sedang dengan nilai N-gain sebesar 0,61.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | android, kemampuan pemecahan masalah, mobile learning |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) Q Science > QC Physics |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika, S2 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 27 Sep 2024 06:55 |
Last Modified: | 27 Sep 2024 06:55 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64276 |
Actions (login required)
View Item |