IMPLEMENTASI PROJECT BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN HASIL BELAJAR DI SMAN I BAJAWA NTT


Tri Maria Magdalena Wea, 0403518007 (2023) IMPLEMENTASI PROJECT BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN HASIL BELAJAR DI SMAN I BAJAWA NTT. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 0403518007 - tri maria magdalena wea.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Profil Pelajar Pancasila merupakan salah satu strategi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2020 dalam pembentukan karakter peserta didik. Profil Pelajar Pancasila (P3) diterapkan dalam pembelajaran agar setiap peserta didik memiliki kompetensi global dan berkepribadian sesuai nilai pancasila. Pembelajaran fisika dengan memanfaatkan model project based learning (PjBL) memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk belajar berkelompok dalam memproses pengetahuan di setiap aktivitas pembelajaran proyek sebagai bentuk penguatan karakter. Model PjBL lebih menekankan pembelajaran pada aktivitas peserta didik untuk menghasilkan produk dengan menerapkan keterampilan meneliti, menganalisis, membuat, sampai dengan mempresentasikan produk berdasarkan pengalaman nyata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan mengimplementasi model PjBL dalam membentuk karakter peserta didik; mengetahui hasil belajar peserta didik; dan menjelaskan respons peserta didik terhadap model PjBL dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mixed methods). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model PjBL dapat penguatan Profil Pelajar Pancasila. Hasil perhitungan N-Gain pada kelas eksperimen menunjukkan adanya keefektifan penguatan P3 pada dimensi berpikir kritis, berpikir kreatif dan observasi sikap gotong royong dalam pembelajaran. Nilai N-gain berpikir kritis 64,3 %, N-gain berpikir kreatif 68,5 %, dengan kategori sedang dan sikap gotong royong peserta didik kategori baik, sedangkan hasil belajar mengalami ketuntasan klasikal 93% sangat baik. Respon peserta didik terhadap model PjBL 80% memberi tanggapan baik. kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah model pembelajaran PjBL efektif untuk penguatan P3 dalam membentuk karakter peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: project based learning, Profil Pelajar Pancasila
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 27 Sep 2024 06:40
Last Modified: 27 Sep 2024 06:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64272

Actions (login required)

View Item View Item