EFEKTIVITAS GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DI SMP NEGERI 07 SEMARANG


SINDY LIVIA AGUSTIN, 3601417013 (2021) EFEKTIVITAS GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DI SMP NEGERI 07 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3601417013_Sindy Livia Agustin_Skripsi - Sindy Livia.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Setelah merebaknya coronavirus (Covid-19) di Indonesia pada tahun 2020 lalu. Kementerian pendidikan dan kebudayaan membuat peraturan baru mengenai sistem pembelajaran yang awalnya dapat dilakukan secara tatap muka dialihkan menjadi pembelajaran jarak jauh berbasis internet (media online). SMP N 7 Semarang sudah menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh menggunakan Google Classroom setelah peraturan tersebut dikeluarkan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat efektivitas penggunaan Google Classroom terhadap hasil belajar siswa serta faktor pendorong dan penghambat penggunaan Google Classroom terhadap hasil belajar IPS di SMP Negeri 7 Semarang. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif pre�experimental design dengan bentuk one group pre-tes pos-tes. Teknik pengambilan sampling menggunakan teknik sampling purposive, sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIIG SMPN 7 Semarang. Teknik pengumpulan data melalui studi pendahuluan, studi literatur,observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Instrumen penelitian terdiri uji validitas, reliabilitas, uji tingkat kesukaran soal, uji daya beda soal, uji tes hasil belajar siswa secara kognitif yang dapat dibuktikan dengan hasil pre-tes serta pos-tes, menghitung tingkat Efektivitas yang terdiri dari ketuntasan belajar siswa secara individual, ketuntasan klasikal dan nilai N-Gain. Teknik analisis data menggunakan uji-test. Hasil penelitian dapat dilihat dari perhitungan uji hipotesis menggunakan SPSS versi 21 pada taraf signifikan 5% diperoleh hasil Nilai Signifikan (2-tailed) 0,000 < 0.05 menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara variabel awal dengan variabel akhir,menunjukkan terdapat pengaruh yang bermakna terhadap perlakuan yang diberikan pada variabel. Sesuai dengan pengambilan keputusan bahwa nilai sig (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Untuk daya serap perseorangan mencapai skor nilai rata-rata siswa dari hasil belajar mencapai 85,30 dari 33 siswa dan siswa yang mencapai ketuntasan belajar sejumlah 28 orang dengan presentase 85% maka dapat dikatakan tuntas secara klasikal karena sudah melebihi 75% siswa yang mencapai nilai KKM.(3)Respon siswa selama pembelajaran berlangsung menggunakan Google Classroom menerima respon sangat baik dilihat dari hasil total presentase kelayakan tabel observasi dari data tanggapan siswa terhadap pembelajaran yang sedang diterapkan memperoleh respon presentase 95%. Saran untuk penelitian penggunaan Google Classroom diharapkan bisa dijadikan sebagai refensi selanjutnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Google Classroom, Hasil Belajar, Covid-19, Pembelajaran Jarak Jauh.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 27 Sep 2024 06:26
Last Modified: 27 Sep 2024 06:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64266

Actions (login required)

View Item View Item