PENGEMBANGAN E-BOOK BERBASIS SOCIO SCIENTIFIC ISSUES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ARGUMENTASI ILMIAH SISWA SMA PADA MATERI VIRUS
Khairul Anam, 0402520027 (2023) PENGEMBANGAN E-BOOK BERBASIS SOCIO SCIENTIFIC ISSUES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ARGUMENTASI ILMIAH SISWA SMA PADA MATERI VIRUS. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pandemi covid-19 efeknya menyentuh setiap aspek kehidupan masyarakat, termasuk kesehatan dan pendidikan. Karena banyak ketidaktahuan pencegahan terhadap covid-19 maka perlu adanya media pembelajaran yang mudah diterima. E-Book menjadi salah satu solusi untuk memberikan edukasi tentang virus SARS CoV-2 yang diberikan kepada siswa sebagai media pembelajaran pada materi virus. Tujuan penelitian ini adalah menguji validitas, kepraktisan dan keterbacaan e-book sebagai media pembelajaran pada materi virus, kemampuan argumentasi ilmiah, dan ketuntasan klasikal siswa. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan model 4-D Thiagarajan (Define, Design, Develop, Disseminate). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif meliputi validitas, kepraktisan dan keterbacaan produk yang diujikan kepada siswa kelas X MIPA 1 SMAN 1 Bandar Lampung. Hasil penelitian menunjukkan e-book yang dikembangkan memiliki kriteria valid oleh ahli materi dengan skor 75,00% dan sangat valid oleh ahli media dengan skor 95,83%. Guru memberikan respon terhadap kepraktisan e�book yang digunakan dalam pembelajaran sebesar 94,38% sangat baik dan siswa memberikan penilaian keterbacaan dengan skor 92,17% sangat baik. Hasil uji t analisis kemampuan argumentasi ilmiah siswa menghasilkan taraf signifikansi 0.00<0.05 yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara argumentasi ilmiah pretest dan posttest. Rerata nilai N-gain kemampuan argumentasi siswa berada pada skor 0,52 kategori sedang. Ketuntasan klasikal siswa menunjukkan bahwa secara klasikal termasuk dalam kategori tuntas karena memenuhi kriteria ketuntasan minimal dengan skor rata rata sebesar 84,86. Berdasarkan hasil yang diperoleh, e�book yang dikembangkan dapat dijadikan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pandemi Covid-19, E-Book, Socio Scientific Issues , Argumentasi Ilmiah |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan IPA, S2 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 27 Sep 2024 06:15 |
Last Modified: | 27 Sep 2024 06:15 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64260 |
Actions (login required)
View Item |