ANALISIS KETERAMPILAN BERARGUMEN ILMIAH SISWA MTSN 1 MAGELANG DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI STRATEGI MEMBACA KRITIS DENGAN SQ3R


DENA EMARANI HERIANA, 0402519017 (2023) ANALISIS KETERAMPILAN BERARGUMEN ILMIAH SISWA MTSN 1 MAGELANG DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI STRATEGI MEMBACA KRITIS DENGAN SQ3R. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 0402519017 - Dena.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tantangan yang dihadapi oleh siswa saat ini begitu kompleks, sehingga siswa perlu memiliki berbagai kompetensi. Siswa mampu bersaing dan menghadapi tantangan di era industri 4.0 salah satunya dengan kemampuan mengolah informasi dan berkomunikasi yang cakap. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) menganalisis kemampuan berargumentasi ilmiah siswa dalam pembelajaran IPA melalui strategi membaca kritis 2) menganalisis kemampuan membaca kritissiswa siswa dalam pembelajaran IPA dengan SQ3R 3) menganalisis korelasi hubungan antara peningkatan kemampuan berargumen ilmiah dengan membaca kritis. Penelitian ini termasuk penelitian Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Randomized pretest- Posttest Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari 62 siswa kelas VIII yang terdiri dari dua kelas. Teknik pengumpulan data kemampuan berargumentasi ilmiah siswa menggunakan instrumen tes dalam bentuk essay melalui strategi membaca kritis dan minat membaca siswa di ukur menggunakan instrumen lembar angket. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa 1) kemampuan berargumentasi ilmiah siswa dalam pembelajaran IPA meningkat melalui strategi membaca kritis dengan SQ3R 2) kemampuan membaca kritis siswa dalam pembelajaran IPA meningkat dengan SQ3R 3) hasil uji korelasi menunjukkan terdapat hubungan korelasi positif antara variabel kemampuan membaca kritis dengan argumentasi ilmiah. Perlu dikembangkan dalam penelitian selanjutnya untuk mengetahui tingkat kemampuan berargumentasi ilmiah siswa dalam pembelajaran IPA yang lebih mendalam.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berargumen Ilmiah, Membaca Kritis, Metode SQ3R
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan IPA, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 27 Sep 2024 04:00
Last Modified: 27 Sep 2024 04:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64252

Actions (login required)

View Item View Item