HUBUNGAN PENGUASAAN TEKNOLOGI WEBGIS DENGAN KETERAMPILAN BERPIKIR SPASIAL GURU GEOGRAFI KABUPATEN SEMARANG


Nuris Saadah, 3201417027 (2021) HUBUNGAN PENGUASAAN TEKNOLOGI WEBGIS DENGAN KETERAMPILAN BERPIKIR SPASIAL GURU GEOGRAFI KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3201417027 - nuris masyida.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran geografi di abad 21 ini menuntut siswa untuk menguasai kompetensi teknologi dan keterampilan berpikir spasial. Namun, guru sebagai tenaga pendidik yang seharusnya menguasai kedua hal tersebut agar mampu mengajarkan kepada siswa, justru belum menguasainya secara optimal. Guna pemenuhan kebutuhan pembelajaran geografi di abad 21 perlu diadakannya optimalisasi penguasaan teknologi dan keterampilan berpikir spasial guru geografi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tingkat penguasaan teknologi WebGIS guru geografi, mengetahui tingkat keterampilan berpikir spasial guru geografi, dan menganalisis hubungan antara penguasaan teknologi WebGIS guru terhadap kemampuan berpikir spasial. Populasi dalam penelitian ini adalah guru geografi yang tergabung dalam MGMP Geografi Kabupaten Semarang yaitu sebanyak 15 guru. Pengambilan sampel menggunakan metode total sample. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre Experimental Design dengan bentuk One-Shot Case Study. Teknik pengambilan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif presentatif dan rank spearman. Hasil penelitian ini adalah (1) Tingkat penguasaan teknologi WebGIS menunjukkan hasil sebagian besar yaitu sebesar 60% pada kriteria tinggi dengan nilai 75 hingga 100. (2) Tingkat penguasaan keterampilan berpikir spasial memperoleh hasil sebesar 66,7% pada kriteria tinggi pula. (3) Uji rank spearman kedua variabel tersebut didapatkan hasil signifikansi kedua variabel sebesar 0.048, dengan correlation coeffitient sebesar 0.519. Penguasaan teknologi WebGIS dan keterampilan berpikir spasial memiliki hubungan dengan kekuatan hubungan yang kuat serta arah hubungan yang searah, artinya jika penguasaan teknologi WebGIS meningkat maka keterampilan berpikir spasial dapat meningkat pula. Saran terkait penelitian ini untuk guru geografi diharapkan terus meningkatkan kompetensi profesionalitas nya sebagai guru geografi agar mampu mendidik siswa sesuai tuntutan kompetensi pembelajaran geografi pada era 21 ini. Kemudian bagi forum maupun lembaga terkait yang mengadakan pelatihan WebGIS diharapkan dapat menyebarluaskan pemanfaatan WebGIS ini, tidak hanya pada guru geografi di Kabupaten Semarang, namun seluruh Indonesia guna memajukan pendidikan bangsa ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Spasial, Media Pembelajaran, WebGIS.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Geografi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 27 Sep 2024 03:48
Last Modified: 27 Sep 2024 03:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64246

Actions (login required)

View Item View Item