PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BLENDED PROJECT BASED LEARNING BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA
RIS KURNIASARI, 0402518050 (2023) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BLENDED PROJECT BASED LEARNING BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Ketidakefektifan pembelajaran jarak jauh menuntut adanya pembenahan dalam penyampaian pembelajarannya terutama pembelajaran sains yang lebih efektif agar pada prosesnya lebih menekankan pada ketercapaian produk, proses, dan sikap ilmiah sesuai dengan hakikat pembelajaran sains. Blended learning menggunakan model PjBL yang dipadu dengan pendekatan STEM diharapkan dapat meningkatkan beberapa tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis kelayakan dan efektivitas dari perangkat pembelajaran Blended Project Based Learning Berbasis STEM dalam meningkatkan kemampuan literasi sains dan keaktifan belajar siswa. Penelitian ini menggunakan prosedur R&D yang meliputi tahap (1) define, (2) design, (3) develop dan (4) disseminate serta model pengembangan Borg & Gall yang dilaksanakan sampai langkah ke-7 yaitu (1) Research and Information Collection, (2) Planning, (3) Developing preliminary form of product, (4) Preliminary field Testing, (5) Main product revision, (6) Main field testing , (7) Operational product revision. One group pretest-posttest design diterapkan untuk melihat keefektifan perangkat pembelajaran Blended Project Based Learning Berbasis STEM sebagai produk pengembangan dalam penelitian. Subjek penelitian adalah kelas VII SMP 1 Mejobo Kudus. Penelitian ini menggunakan lembar validasi produk berupa angket, serta instrument pengumpulan data berupa soal kemampuan literasi sains, angket respon siswa terhadap pembelajaran-LKPD, lembar observasi keaktifan belajar peserta didik. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa masukan data saran dari validator terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan, respon peserta didik terhadap pembelajaran-LKPD, dan hasil observasi keaktifan siswa. Data kuantitatif berupa nilai tes kemampuan literasi sains. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan kuantitatif, gain normalized, serta analisis signifikansi Uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran Blended PjBL Berbasis STEM yang dikembangkan : (1) layak digunakan untuk pembelajaran IPA materi pencemaran lingkungan pada peserta didik kelas VII SMP, dan (2) efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi sains dan keaktifan belajar siswa kelas VII SMP.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Blended Learning; PjBL; STEM; Literasi Sains; Keaktifan Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan IPA, S2 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 27 Sep 2024 03:46 |
Last Modified: | 27 Sep 2024 03:46 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64245 |
Actions (login required)
View Item |