IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER SEMANGAT KEBANGSAAN DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH MATERI POKOK BAHASAN PERLAWANAN BANGSA INDONESIA TERHADAP PENJAJAHAN KOLONIAL BELANDA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 BELIK DAN SMA MUHAMMADIYAH 4 BELIK PADA MASA PANDEMI COVID-19


Fanny Fadila Hidayah, 3101417028 (2021) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER SEMANGAT KEBANGSAAN DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH MATERI POKOK BAHASAN PERLAWANAN BANGSA INDONESIA TERHADAP PENJAJAHAN KOLONIAL BELANDA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 BELIK DAN SMA MUHAMMADIYAH 4 BELIK PADA MASA PANDEMI COVID-19. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3101417028 - Fanny Fadila.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peran guru dalam mengimplementasikan pendidikan karakter semangat kebangsaan dalam pembelajaran sejarah, menganalisis partisipasi siswa dalam mengimplementasikan pendidikan karakter semangat kebangsaan dan menganalisis kendala dalam mengimplementasikan pendidikan karakter semangat kebangsaan dalam pembelajaran sejarah materi pokok bahasan Perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan kolonial Belanda di kelas XI SMA Negeri 1 Belik dan SMA Muhammadiyah 4 Belik pada masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini adalah informan, observasi dan dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Uji validitas data menggunakan trianggulasi teknik dan sumber. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif, yaitu meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa implementasi pendidikan karakter semangat kebangsaan dalam pembelajaran sejarah materi pokok bahasan Perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan kolonial Belanda di kelas XI SMA Negeri 1 Belik dan SMA Muhammadiyah 4 Belik pada masa pandemi Covid�19 sudah dilaksanakan dengan cukup baik, peran guru terdapat dalam aspek perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran, partisipasi siswa dalam mengimplementasikan pendidikan karakter semangat kebangsaan dalam terlihat dalam keaktifan siswa dalam merespon guru. Kendala dalam mengimplementasikan pendidikan karakter semangat kebangsaan pada pembelajaran sejarah terletak pada model pembelajaran dan kendala jaringan internet serta kurangnya persiapan siswa mengikuti pembelajaran daring. Simpulan dari penelitian ini yaitu implementasi pendidikan karakter semangat kebangsaan dilakukan guru dengan cara menyisipkan nilai karakter semangat kebangsaan melalui penyampaian materi dengan memberikan motivasi untuk meneladani sikap tokoh pahlawan dan menghargai jasa para pahlawan. Partisipasi siswa terlihat pada keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran serta kendala yang di hadapi terletak pada kurangnya kemampuan guru dalam menggunakan model pembelajaran yang kurang bervariasi dan kendala sarana prasarana mengikuti pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Pembelajaran Sejarah.
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Sejarah, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 27 Sep 2024 03:42
Last Modified: 27 Sep 2024 03:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64243

Actions (login required)

View Item View Item