KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMA MELALUI INTEGRASI PEMBELAJARAN STEAM DENGAN TEKNIK MIND MAPPING PADA MATERI VIRUS


AULIA AFIA ROCHMAH, 0402518029 (2023) KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMA MELALUI INTEGRASI PEMBELAJARAN STEAM DENGAN TEKNIK MIND MAPPING PADA MATERI VIRUS. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 0402518029_Aulia Rachma.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran STEAM memberi kesempatan siswa menerapkan sains sebagai batang tubuh pengetahuan, cara untuk menyelidiki, cara berpikir, dan interaksi sains, teknologi dan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa kelas X melalui integrasi pembelajaran STEAM menggunakan teknik mind mapping pada materi virus. Penelitian ini merupakan pre eksperimental design pre-test dan post-test diterapkan kepada siswa kelas 10 SMA dengan menggunakan teknik random sampling. Sebanyak 75 siswa dari 3 kelas yang berbeda diterima sebagai peserta dan diperlakukan untuk pre-test dan post-test. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah desain tes pilihan ganda dan esai berdasarkan indikator kemampuan literasi sains. Penelitian ini memberikan penjelasan tentang penerapan pembelajaran STEAM dengan teknik mind mapping pada materi virus untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa. Penerapan pembelajaran STEAM terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi sains siswa mulai dari tingkat rendah hingga tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: literasi sains, STEAM, mind mapping
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan IPA, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 27 Sep 2024 03:27
Last Modified: 27 Sep 2024 03:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64239

Actions (login required)

View Item View Item