EFEKTIVITAS “SIPENTIK” SEBAGAI APLIKASI PENILAIAN AUTENTIK DAN UNTUK PENINGKATAN LITERASI IT SISWA
Falis Ulil Hidayah, 0402517050 (2023) EFEKTIVITAS “SIPENTIK” SEBAGAI APLIKASI PENILAIAN AUTENTIK DAN UNTUK PENINGKATAN LITERASI IT SISWA. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Guru MTs dan SMP se Kecamatan Rowosari Kendal kesulitan melakukan penilaian autentik secara manual karena komponen yang dinilai dan jumlah siswa yang harus diamati tidaklah sedikit, dan dibutuhkan banyak waktu dan tenaga, serta rentan terjadi kesalahan atau terlewat dalam penilaiannya. selain itu guru harus menyikapi perkembangan teknologi yang semakin melesat dan penting meningkatkan literasi IT siswa. Salah satu metode pembelajaran yang potensial untuk membantu guru dalam penilaian autentik dan meningkatkan literasi IT ini adalah dengan penerapan aplikasi Sipentik. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan dan menganalisis karakteristik Sipentik sebagai aplikasi penilaian autentik bagi guru. 2) Menganalisis tingkat keefektifan aplikasi sipentik sebagai aplikasi penilaian autentik bagi guru dalam proses belajar mengajar di sekolah. 3) Menganalisis tingkat keefektifan aplikasi sipentik terhadap peningkatan literasi IT peserta didik. Jenis penelitian lapangan menggunakan pendekatan mixed methods dengan desain embedded experimental model, dengan teknik pengumpulan data melalui dokumentasi, angket, observasi, dan wawancara data yang telah di dapat kemudian dianalisis melalui analisis data kuantitatif dan kualitatif. Simpulan dalam penelitian ini adalah: 1) “Sipentik” sebagai aplikasi penilaian autentik bagi guru memiliki karakteristik sebagai aplikasi yang berbasis internet ini dengan fitur utamanya sebagai teknologi untuk menilai siswa secara autentik, selain itu juga dapat membantu guru dalam mengelola sistem pembelajaran di kelas secara lebih mudah dan terarah, juga menjadikan guru lebih mampu meningkatkan literasi IT. 2) Aplikasi efektif sebagai aplikasi penilaian autentik guru dan meningkatkan literasi IT siswa SMPN 1 Rowosari, MTs Al Islam Rowosari dan SMP NU 09 Rowosari dari pada menggunakan manual. 3) Penilaian autentik guru SMP Negeri 1 Rowosari dengan menggunakan aplikasi rata-rata penilaian autentik sebesar 72.21 lebih besar dibanding nilai rata-rata penilaian secara manual sebesar 62.64. Penilaian autentik guru MTs Al Islam dengan menggunakan aplikasi sipentik rata-rata penilaian autentik sebesar 70.14 lebih besar dibanding nilai rata-rata penilaian secara manual sebesar 61.21. Penilaian autentik guru SMP NU 09 Rowosari dengan menggunakan aplikasi sipentik rata-rata penilaian autentik sebesar 69.57 lebih besar dibanding nilai rata-rata penilaian secara manual sebesar 60.14.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Penilaian Autentik, Peningkatan Literasi IT |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan IPA, S2 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 27 Sep 2024 03:16 |
Last Modified: | 27 Sep 2024 03:16 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64235 |
Actions (login required)
View Item |