EFEKTIVITAS MULTIMEDIA PEMBELAJARAN SISTEM PERTAHANAN TUBUH (SiTAHU) TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SM


Sania Husna Sabiela, 4401417074 (2021) EFEKTIVITAS MULTIMEDIA PEMBELAJARAN SISTEM PERTAHANAN TUBUH (SiTAHU) TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SM. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4401417074 - Sania Husna Sabiela.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid-19 membuat pemerintah mengambil keputusan untuk meniadakan sementara pembelajaran tatap muka dan menggantinya dengan pembelajaran daring sebagai upaya mencegah semakin meluasnya penyebaran Covid-19 di lingkungan sekolah. Hasil wawancara dengan siswa dan guru biologi SMA N 1 Pemalang diperoleh pengetahuan bahwa kegiatan pembelajaran daring yang diterapkan menuntut siswa agar belajar secara mandiri sedangkan media pembelajaran yang digunakan belum optimal memberikan pemahaman materi kepada siswa. Pembelajaran daring perlu dioptimalkan agar lebih bermakna dan interaktif. Pembelajaran bermakna dan interaktif mampu memberikan pemahaman yang baik kepada siswa. Materi sistem pertahanan tubuh merupakan materi kelas XI SMA yang sulit dipahami karena memiliki konsep yang tidak dapat diindera langsung oleh mata (visual). Hasil studi literatur ditemukan bahwa penggunaan multimedia pembelajaran dapat membuat pembelajaran menjadi bermakna dan interaktif serta dapat membantu menjelaskan konsep-konsep yang tidak dapat diindera langsung oleh mata (visual). Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas multimedia pembelajaran SiTAHU terhadap peningkatan pemahaman konsep siswa SMA. Pemahaman konsep yang dimaksud ditinjau dari ranah kognitif meliputi indikator menyimpulkan, membandingkan, dan menafsirkan. Jenis penelitian ini adalah Pre-Eksperimental dengan desain penelitian yaitu One Group Pretest-Posttest Design. Sampel berjumlah 3 kelas yang diambil dengan teknik Purposive Sampling. Data efektivitas diperoleh melalui tes berupa pretest dan posttest yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif berdasarkan hasil ketuntasan KKM siswa saat posttest, perbedaan nilai rata-rata sebelum dengan sesudah menggunakan multimedia pembelajaran SiTAHU, serta uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan KKM siswa saat posttest sebesar 73% dengan nilai rata-rata individu sebesar 80,75, ada perbedaan signifikan nilai rata-rata sebelum dengan sesudah menggunakan multimedia pembelajaran SiTAHU, serta hasil uji N-Gain sebesar 0,58 dengan kategori sedang, sehingga dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran SiTAHU efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa SMA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: efektivitas, multimedia pembelajaran, pemahaman konsep, sistem pertahanan tubuh
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 26 Sep 2024 04:06
Last Modified: 26 Sep 2024 04:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64200

Actions (login required)

View Item View Item