HUBUNGAN BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI KECAMATAN PURING KABUPATEN KEBUMEN


Aldi Danu Ramdani, 1401417161 (2021) HUBUNGAN BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI KECAMATAN PURING KABUPATEN KEBUMEN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401417161 - Aldi Danu Ramdani VV.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Dalam menumbuhkan semangat belajar anak terdapat dua aspek utama, yaitu aspek eksternal dan internal. Berdasarkan data pra penelitian, wawancara, dokumentasi, dan hasil observasi diketahui bahwa bimbingan belajar orang tua dan motivasi belajar siswa kelas V SDN di Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen masih rendah, serta hasil belajar IPS yang perlu ditingkatkan. Tujuan penelitian ini ialah: menguji ada atau tidaknya pengaruh bimbingan belajar orang tua terhadap hasil belajar IPS; menguji ada atau tidaknya pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar IPS; menguji ada atau tidaknya pengaruh bimbingan belajar orang tua dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar IPS. Penelitian korelasi menggunakan jenis pendekatan kuantitatif. Polupasi penelitian yaitu siswa kelas V. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh, dengan sampel sebanyak 134 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis korelasi sederhana, analisis korelasi ganda, uji signifikansi, dan uji determinasi. Hasil penelitian menunjukkan : 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara bimbingan belajar orang tua terhadap hasil belajar IPS berikut nilai koefisien korelasi 0,694 termasuk kategori kuat; 2) terdapat pengaruh positif dan signfikan antara motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar IPS berikut nilai koefisien korelasi 0,679 termasuk kategori kuat; 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara bimbingan belajar orang tua dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar IPS berikut nilai koefisien korelasi 0,698 termasuk kategori kuat. Simpulan penelitian ini terdapat hubungan yang positif dan signifikan bimbingan belajar orang tua dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar IPS. Disarankan guru sebaiknya dapat meningkatkan komunikasi dengan orang tua/wali siswa untuk menggerakan program bimbingan belajar ketika dirumah melalui pendampingan belajar yang lebih menyenangkan dan memberikan fasilitas belajar yang lebih memadai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bimbingan belajar orang tua, hasil belajar, motivasi belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Development of Child
L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > motivation to learn
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 26 Sep 2024 01:39
Last Modified: 26 Sep 2024 01:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64157

Actions (login required)

View Item View Item