PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS STEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MEMECAHKAN MASALAH PADA MATERI EVOLUSI
Rahayu Kurnia Sari, 4401419095 (2023) PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS STEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MEMECAHKAN MASALAH PADA MATERI EVOLUSI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Hasil observasi di SMA N 1 WATES diketahui bahwa penerapan model problem based learning berbasis STEM belum diterapkan, sedangkan untuk model problem based learning sudah dilakukan namun belum maksimal sehingga berpengaruh pada rendahnya kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah pada peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh penerapan model problem based learning berbasis STEM terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan memecahkan masalah peserta didik pada materi evolusi. Penelitian ini merupakan penelitian jenis true experimental dengan desain penelitian berupa post-test pre-test control group design. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji T dilanjutkan dengan uji segresi linear sederhana untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan Model Problem Based Learning berbasis STEM terhadap kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah peserta didik. Hasil penelitin berdasarkan uji segresi linear sederhana didapatkan bahwa kemampuan memecahkan masalah peserta didik dengan model problem based learning berbasis STEM berpengaruh sebesar 36%, sedangkan hasil analisis kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan model problem based learning berbasis STEM memiliki pengaruh sebesar 12%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) berbasis pendekatan STEM terhadap kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah peserta didik kelas XII IPA di SMA N 1 WATES pada materi evolusi.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis STEM, kemampuan memecahkan masalah, kemampuan berpikir kritis |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 25 Sep 2024 07:14 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 07:14 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64152 |
Actions (login required)
View Item |