PENGARUH LEARNING CYCLE 7E BERBANTUAN ARTIKEL ILMIAH TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM IMUN


Nida Falahati, 4401416082 (2023) PENGARUH LEARNING CYCLE 7E BERBANTUAN ARTIKEL ILMIAH TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM IMUN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4401416082_NIDA FALAHATI - Nida Falahati.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Dalam Kurikulum 2013 secara eksplisit dinyatakan untuk menggunakan metode atau model yang berbasis konstruktivisme. Salah satu model pembelajaran yang didasarkan pada teori belajar konstruktivisme adalah model pembelajaran learning cycle 7E. Tahapan dalam learning cycle 7E antara lain elicit, engage, explore, explain, elaborate, evaluate, dan extend. Inovasi dalam penelitan ini yaitu dengan menggunakan artikel ilmiah sebagai perantara peserta didik dalam melakukan pengamatan dan penyelidikan untuk menyelesaikan masalah yang diberikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh learning cycle 7E berbantuan artikel ilmiah terhadap hasil belajar peserta didik pada materi Sistem Imun. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental dengan non-equivalent control group design. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 MAN 1 Pekalongan yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini berupa hasil belajar kognitif dan keterlaksanaan model pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan kognitif peserta didik kelas eksperimen meningkat setelah diberi perlakuan dengan rerata N-Gain sebesar 0,618 sedangkan rerata N-gain kelas kontrol sebesar 0,521, (2) ketuntasan belajar klasikal kelas eksperimen mencapai ≥ 80%, dan (3) perbedaan hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol dengan perolehan nilai signifikansi sebesar 0,002<0,05. Sementara itu, hasil keterlaksanaan pembelajaran learning cycle 7E dengan diperoleh skor total sebesar 111,67 yang menunjukkan terlaksana baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran learning cycle 7E berbantuan artikel ilmiah berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada materi Sistem Imun.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Learning Cycle 7E, Artikel Ilmiah, Hasil Belajar
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 25 Sep 2024 07:04
Last Modified: 25 Sep 2024 07:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64149

Actions (login required)

View Item View Item