APLIKASI “SINAR JAWA” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ELEMEN MEMBACA AKSARA JAWA UNTUK FASE B KURIKULUM MERDEKA


Diah Ayu Condro Kirono, 2601418066 (2023) APLIKASI “SINAR JAWA” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ELEMEN MEMBACA AKSARA JAWA UNTUK FASE B KURIKULUM MERDEKA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2601418066_Diah Ayu Condro Kirono - DIAH AYU CONDRO KIRONO.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Aplikasi Sinar Jawa merupakan media pembelajaran berbasis android sangat bermanfaat dalam peningkatan hasil belajar peserta didik pada era saat ini yang semuanya serba teknologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah aplikasi game dapat membantu pembelajaran membaca aksara Jawa dan mengetahui hasil validasi pada aplikasi game yang berbasis android oleh validator. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Research and Development (R&D) dengan model System Development Life Cycle (SDLC) yang telah disederhanakan menjadi tiga tahapan yaitu perencanaan (investigate), analisis (analysis), dan desain (design). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara dan penyebaran angket. Penelitian ini menggunakan dua teknik analisis data yaitu, teknik analisis kualitatif yang datanya diperoleh dari berbagai sumber dan teknik analisis kuantitatif yang datanya diperoleh dari catat, rekam, dan wawancara. Hasil penelitian ini diperoleh dengan wawancara dan uji validasi. Wawancara dilakukan untuk mengetahui kendala apa yang telah dialami selama proses pembelajaran, dan dari proses wawancara tersebut menunjukan hasil bahwa dalam proses pembelajaran guru hanya menggunakan media pembelajaran poster dan LCD belum menggunakan media yang lainnya. Uji validasi dilakukan oleh dua validator yaitu validasi ahli materi yang memperoleh presentase 85,415% yang dilakukan oleh validator guru wali kelas IV dan uji validasi media memperoleh presentase 86,128% yang dilakukan oleh validator guru wali kelas III. Dari hasil uji validasi tersebut menyatakan bahwa media pembelajaran aplikasi game membaca aksara Jawa dinyatakan valid dan sangat layak digunakan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah peneliti membantu pengajar dalam proses belajar dengan mengembangkan sebuah media pembelajaran game yang berbasis android untuk pembelajaran membaca aksara Jawa untuk jenjang sekolah dasar kelas 3 dan mengetahui kelayakan dari media pembelajaran tersebut. Media pembelajaran game yang berbasis android ini semoga memudahkan peserta didik untuk belajar membaca aksara Jawa dimanapun dan kapanpun, bagi peneliti lain semoga dijadikan referensi untuk mengembangkan media pembelajaran yang lebih inofatif dan efisien.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: aplikasi game, SDLC, aksara Jawa
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 25 Sep 2024 04:34
Last Modified: 25 Sep 2024 04:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64137

Actions (login required)

View Item View Item