PENGARUH INOVASI DAN PEMASARAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING (Pada Pelaku Usaha Kecil Mebel di Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara)


Wahyu Tri Atmojo, 7311418164 (2022) PENGARUH INOVASI DAN PEMASARAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING (Pada Pelaku Usaha Kecil Mebel di Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7311418164_Wahyu Tri Atmojo - Wahyu Tri Atmojo.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

UMKM di Indonesia memiliki kontribusi penting bagi negara dalam penyerapan tenaga kerja dan juga mempunyai kemampuan untuk meningkatkan pertumbuhan perekonomian. Tantangan dan peluang sangat banyak yang harus dilakukan oleh pelaku usaha untuk berfikir lebih inovatif dan mampu memenuhi permintaan masyarakat yang memiliki keinginan pelayanan yang cepat dalam memenuhi kebutuhannya. Sehingga dalam kegiatan bisnis harus dapat lebih efektif dan efisien dengan meningkatkan kinerja pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi, pemasaran media sosial, keunggulan bersaing dan kinerja pemasaran pada Pelaku Usaha Kecil Mebel di Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara. Populasi dalam penelitian ini adalah Pelaku Usaha Kecil Mebel di Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara yang berjumlah 2380 pelaku usaha. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling adalah teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Metode pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner dan dokumentasi. Metode penelitian ini menggunakan path analysis melalui program IBM SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel inovasi, pemasaran media sosial, dan keunggulan bersaing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Hasil uji path analysis menunjukan bahwa keunggulan bersaing dapat memediasi inovasi dan pemasaran media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Simpulan dari penelitian ini adalah inovasi dan pemasaran media sosial mampu meningkatkan kinerja pemasaran. Keunggulan bersaing juga mampu memediasi pengaruh variabel inovasi dan pemasaran media sosial terhadap kinerja pemasaran. Saran yang diberikan adalah pelaku usaha kecil mebel di Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara dapat lebih meningkatkan dalam menciptakan produk yang unik dan berkualitas, mengembangkan ide tentang model-model mebel yang inovatif, memilih bahan yang unggul, dan meningkatkan wawasan dalam penggunaan pemasaran media sosial agar dapat menjadi daya tarik pengguna media sosial. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk melakukan penelitian dengan metode lain agar mendapatkan kesimpulan yang lebih luas, dan melakukan penelitian pada ruang lingkup objek yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Inovasi, Pemasaran Media Sosial, Keunggulan Bersaing, Kinerja Pemasaran.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 24 Sep 2024 07:26
Last Modified: 24 Sep 2024 07:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64108

Actions (login required)

View Item View Item