PENGARUH KOMBINASI MASSAGE FRIRAGE DAN STRETCHING TERHADAP PENINGKATAN RANGE OF MOTION CEDERA BAHU PADA PASIEN MCO YURIG


M Irsyad Al Jabar, 6211419059 (2023) PENGARUH KOMBINASI MASSAGE FRIRAGE DAN STRETCHING TERHADAP PENINGKATAN RANGE OF MOTION CEDERA BAHU PADA PASIEN MCO YURIG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6211419059- M. Irsyad Al Jabar.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Terbatasnya range of motion (ROM) sendi bahu akibat cedera dapat membatasi aktivitasi seseorang. Kombinasi massage frirage dan stretching merupakan bentuk latihan fisik dan terapi manipulasi massage dengan menggabungkan teknik friction dan efflurage yang bertujuan untuk mengembalikan otot yang cedera ke kondisi normal serta melatih fleksibilitas otot agar tidak mudah kaku. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kombinasi massage frirage dan stretching terhadap peningkatan range of motion (ROM) cedera bahu pada pasien MCO Yurigi dengan memberikan perlakuan empat kali pertemuan dan delapam kali pertemuan, serta memberikan informasi untuk memilih metode yang tepat untuk mempercepat dan meningkatkan range of motion (ROM) cedera bahu. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment “one group pretest posttest” design. Teknik penarikan sampling menggunakan teknik purposive sampling dengan populasi sebanyak 20 orang dan diperoleh sampel sebanyak 12 orang. Teknik analisis data menggunakan one way anova dengan program SPSS versi 26. Variabel penelitian yaitu 1) variabel bebas : kombinasi massage frirage dan stretching, 2) variabel terikat : range of motion (ROM) sendi bahu. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan rata-rata nilai range of motion (ROM) dengan perlakuan sebanyak empat kali pertemuan yaitu gerakan flexion 24,5°, extention 9,5°, abduction 22,9°, adduction 10°, medial rotation19,1°, lateral rotation 19,1° dan perlakuan sebanyak delapan kali pertemuan yaitu flexion 46,6°, extention 19,1°, abduction 46,6°, adduction 19,1°, medial rotation 40°, lateral rotation 38,3°. Simpulan penelitian ini yaitu kombinasi massage frirage dan stretching mempunyai pengaruh terhadap peningkatan range of motion sendi bahu dengan memberikan perlakuan sebanyak empat kali dan delapan kali pertemuan. Saran yang diberikan bagi penderita cedera bahu dan terapis yaitu kombinasi massage frirage dan stretching bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menyembuhkan cedera bahu dan meningkatkan range of motion sendi bahu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Massage Frirage, Stretching, Range of Motion, Sendi Bahu
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Relaxation
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 24 Sep 2024 07:18
Last Modified: 24 Sep 2024 07:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64102

Actions (login required)

View Item View Item