PENGARUH PROMOSI DAN AKSESIBILITAS WISATA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG MELALUI CITRA DESTINASI (Studi pada Pengunjung Objek Wisata Air Terjun Grojogan Sewu Kabupaten Karanganyar)


Rahmadoni Sekar Puri, 7311418006 (2022) PENGARUH PROMOSI DAN AKSESIBILITAS WISATA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG MELALUI CITRA DESTINASI (Studi pada Pengunjung Objek Wisata Air Terjun Grojogan Sewu Kabupaten Karanganyar). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7311418006_Rahmadoni Sekar Puri - Rahmadoni Sekar Puri.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh promosi dan aksesibilitas wisata terhadap keputusan berkunjung, serta untuk menganalisis pengaruh promosi dan aksesibilitas wisata terhadap keputusan berkunjung melalui citra destinasi. Keputusan berkunjung merupakan serangkaian proses yang dilakukan oleh individu mulai dari mencari informasi, mengevaluasi hingga memilih keputusan akhir dimana mereka akan berkunjung ke suatu destinasi wisata. Dalam mengambil keputusan, wisatawan akan mempertimbangkan destinasi yang satu dengan destinasi yang lain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wisatawan yang berkunjung ke objek wisata Air Terjun Grojogan Sewu Kabupaten Karanganyar dengan teknik accidental sampling sejumlah 110 sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Metode analisis data menggunakan analisis jalur dengan bantuan software IBM SPSS Statistik versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi dan aksesibilitas wisata berpengaruh terhadap keputusan berkunjung serta citra destinasi berpengaruh terhadap keputusan berkunjung. Hasil analisis jalur menunjukkan bahwa citra destinasi mampu memediasi pengaruh promosi dan aksesibilitas wisata terhadap keputusan berkunjung. Simpulan dalam penelitian ini adalah promosi dan aksesibilitas wisata berpengaruh terhadap keputusan berkunjung. Citra destinasi mampu memediasi pengaruh promosi dan aksesibilitas wisata terhadap keputusan berkunjung. Saran untuk pengelola wisata yaitu PT. Duta Indonesia Djaya dan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karanganyar adalah dengan meningkatkan strategi promosi melalui berbagai media, melakukan promosi yang bervariatif dan konsisten serta meningkatkan frekuensi promosi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Promosi, Aksesibilitas Wisata, Citra Destinasi, Keputusan Berkunjung
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 24 Sep 2024 06:51
Last Modified: 24 Sep 2024 06:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64086

Actions (login required)

View Item View Item