PENGARUH MOTIVASI PELAYANAN PUBLIK DAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL PADA KINERJA DENGAN IDENTIFIKASI ORGANISASIONAL SEBAGAI PEMEDIASI (Studi Pada Apartur Sipil Negara (ASN) Dinas Perdagangan Kota Semarang)
Diah Islami Rahmawati, 7311418005 (2022) PENGARUH MOTIVASI PELAYANAN PUBLIK DAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL PADA KINERJA DENGAN IDENTIFIKASI ORGANISASIONAL SEBAGAI PEMEDIASI (Studi Pada Apartur Sipil Negara (ASN) Dinas Perdagangan Kota Semarang). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Kinerja dijelaskan sebagai hasil kerja secara kuantitas dan kualitas yang dicapai oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang telah diembannya. Faktor yang dapat memengaruhi kinerja antara lain motivasi pelayanan publik, kepemimpinan transformasional dan identifikasi organisasional. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh langsung motivasi pelayanan publik dan kepemimpinan transformasional pada kinerja serta pengaruh tidak langsung dengan identifikasi organisasional sebagai mediasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu Aparatur Sipil Negara (ASN) Dinas Perdagangan Kota Semarang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampel total dengan jumlah sampel sebanyak 99 pegawai. Metode analisis menggunakan uji statistik deskriptif dengan perangkat lunak SmartPLS versi 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa identifikasi organisasional dapat memediasi hubungan antara motivasi pelayanan publik dan kepemimpinan transformasional pada kinerja. Motivasi pelayanan public berpengaruh signifikan pada kinerja sedangkan kepemimpinan transformasional tidak berpengaruh signifikan pada kinerja. Penelitian ini selanjutnya diharapkan dapat menguji ulang pengaruh tidak langsung kepemimpinan transformasional pada kinerja dengan identifikasi organisasional sebagai pemediasi dengan menggunakan objek yang berbeda namun masih dilayanan jasa seperti perhotelan. Saran bagi pimpinan dan bidang kepegawaian dinas untuk menjalin komunikasi yang lebih baik dalam memotivasi ASN agar dapat meningkatkan rasa kecintaan dan rasa rela berkorban demi organisasi kemudian, para pemimpin juga diharapkan untuk mampu membuat pengikutnya menjadi yakin melalui visi -misi yang jelas dan menanamkan rasa kebanggaan, meningkatkan rasa menghargai pegawai serta meningkatkan rasa kepercayaan kepada pegawainya, mampu untuk memahami hubungan tidak hanya hubungan sebagai atasan dan bawahan namun juga hubungan sebagai individu satu dengan yang lain. Terakhir, para pimpinan pada setiap bidang di Dinas Perdagangan Kota Semarang diharapkan mampu untuk mendorong ASN untuk lebih mendahulukan kualitas keluarannya dan atau manfaat dari keluaran itu sendiri tidak hanya yang ada dalam target kerja namun juga dalam kegiatan lain.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Pelayanan Publik, Kepemimpinan Transformasional, Kinerja, Identifikasi Organisasional |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 24 Sep 2024 06:46 |
Last Modified: | 24 Sep 2024 06:46 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64084 |
Actions (login required)
View Item |