PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN KEMITRAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING (Studi UMKM Konveksi di Kabupaten Pemalang)


Faizal Ibrahim, 7311415146 (2022) PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN KEMITRAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING (Studi UMKM Konveksi di Kabupaten Pemalang). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7311415146 - Faizal Ibrahim.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Persaingan di industri bisnis semakin ketat mendorong adanya perubahan, mulai dari perubahan kemajuan teknologi, selera konsumen sampai perubahan social ekonomi. Hal ini berdampak pada kurangnya penjualan dan daya saing UMKM di Indonesia. Orientasi kewirausahaan dapat digunakan untuk strategi karena bersifat fleksibel dalam praktek kewirausahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran melalui keunggulan bersaing dan kemitraan UMKM konvenksi di Kabupaten Pemalang. Populasi dalam penelitian ini adalah UMKM konveksi di Kabupaten Pemalang. Penelitian ini menggunakan non-probability sampling dengan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 104 pelaku usaha UMKM konveksi di Kabupaten Pemalang. Pengumpulan data menggunakan cara survey dengan kuesioner, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis (uji parsial dan uji path). Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi kewirausahaan, kemitraan, dan keunggulan bersaing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Selain itu orientasi kewirausahaan juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran melalui keunggulan bersaing. Begitu juga, kemitraan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran melalui keunggulan bersaing. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah orientasi kewirausahaan, kemitraan dan keunggulan bersaing saling berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Selain itu, keunggulan bersaing juga mampu sebagai variabel mediasi pada orientasi kewirausahaan dan kemitraan terhadap kinerja pemasaran. Saran untuk para pelaku UMKM Konveksi harus mampu untuk mempertahankan hubungan baik dengan para mitranya dengan terus menjaga komunikasi dan sikap saling terbuka terhadap apapun itu yang berkaitan dengan kerjasama yang sudah disepakati bersama. Selain itu para pelaku UMKM Konveksi bisa menambah kerjasama dengan para mitra yang lain yang bisa membantu kelancaran dalam usaha. Misalnya dengan memperbanyak reseller dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemitraan, Keunggulan Bersaing, Kinerja Pemasaran, Orientasi Kewirausahaan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 24 Sep 2024 06:32
Last Modified: 24 Sep 2024 06:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64076

Actions (login required)

View Item View Item