PENERAPAN KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA PEMBELAJARAN IPS BAGI KELAS INKLUSIF PENYANDANG DISABILITAS DI SMPN 7 PEMALANG


Lia Khafidhotinisa, 3601419038 (2023) PENERAPAN KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA PEMBELAJARAN IPS BAGI KELAS INKLUSIF PENYANDANG DISABILITAS DI SMPN 7 PEMALANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3601419038 Lia Khafidhotinisa.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

SMP N 7 Pemalang adalah Lembaga Pendidikan yang berupaya memanfaatkan penerapan profil pelajar Pancasila dalam proses pembelajaran dengan menciptakan generasi penerus yang berkarakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila. Tidak terkecuali bagi anak yang mempunyai kebutuhan khusus yang ada di SMP N 7 Pemalang yakni siswa inklusif yangmana perlu mendapatkan pendidikan yang setara dengan siswa normal lainnya. Pendidikan adalah hak segala Bangsa itu artinya tidak ada diskriminasi oleh seluruh Warga Negara Indonesia. Mengintegrasikan nilai profil pelajar Pancasila pada proses pembelajaran dengan implementasi pembiasaan yang dilakukan oleh Pendidik pada bidang sosial dengan mempelajari mata pelajaran dengan upaya untuk menanamkan penerapan profil pelajar Pancasila kepada siswa inklusif. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Penerapan karakter profil pelajar Pancasila pada pembelajaran IPS bagi kelas inklusif di SMP N7 Pemalang. (2) Faktor�faktor yang ditemui oleh guru IPS dalam proses pembelajaran penerapan karakter profil pelajar Pancasila pada pembelajaran ips bagi kelas inklusif di SMP N 7 pemalang. (3) Upaya efektif yang dilakukan guru pada proses penerapan karakter profil pelajar Pancasila Pada pembelajaran IPS` bagi kelas inklusif di SMPN 7 pemalang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif studi Deskriptif, dengan data teknik pengumpulan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Lokasi penelitian yang dilakukan di SMP N 7 Pemalang. Mata pelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah mata pelajaran IPS. Informan yang terlibat adalah Guru Pembimbing Khusus, guru mata pelajaran IPS, siswa inklusif, Orang tua siswa inklusif. Uji Kredibilitas dalam penelitian ini menggunakan sumber teknik triangulasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan tahapan pengumpulan data Reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran IPS di SMP N 7 Pemalang bagi siswa inklusif dibagi dalam beberapa tahapan. Tahapan ini adalah bentuk pra pelaksanaan pembelajaran atau disebut dengan perencanaan, kedua tahap pelaksanaan, dan yang ketiga adalah tahap paska perencanaan berupa evaluasi. Faktor yang ditemui beberapa faktor pendukung seperti peran pendidik dan kerjasama Instansi lain. Faktor penghambat antara lain fasilitas, latar belakang pendidik, mindset masyarakat, koordinasi orang tua siswa inklusif dengan pendidik menjadi kendala dalam pelaksanaan penerapan profil pelajar Pancasila bagi siswa inklusif dalam pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Inklusif, Profil Pelajar Pancasila, Ilmu Pendidikan Sosial
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 24 Sep 2024 06:24
Last Modified: 24 Sep 2024 06:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64072

Actions (login required)

View Item View Item