PENERAPAN PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS VIII SMP NEGERI 19 SEMARANG TAHUN AJARAN 2022-2023


Shabrina Fildza Ardilla, 3301419082 (2023) PENERAPAN PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS VIII SMP NEGERI 19 SEMARANG TAHUN AJARAN 2022-2023. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3301419082 - Shabrina Fildza Ardilla.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar PPKn siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Semarang. Hasil tersebut memberikan gambaran bahwa kondisi hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Semarang terutama mata pelajaran PPKn masih rendah. Pendidik berperan penting terhadap penentuan hasil belajar siswa. Sesuai hasil observasi dilakukan hasil belajar rendah diakibatkan karena pembelajaran saat ini menggunakan metode pembelajaran monoton. Guru dalam kegiatan pembelajaran terbiasa menggunakan metode pembelajaran ceramah hal tersebut yang menyebabkan siswa jenuh dan bosan. Untuk itu diperlukan adanya metode pembelajaran yang bisa menumbuhkan semangat belajar siswa. Rumusan masalah di penelitian ini ialah: “Bagaimana penerapan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan bagaimana kelemahan dan kelebihan penerapan metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada mata pelajaran PPKn kelas VIII SMP Negeri 19 Semarang.” Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan desain penelitian eksperimen kuasi (quasi experimental design), subyek dalam penelitian ini ialah siswa kelas VIII A sejumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang dipakai yakni Observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini ialah penerapan metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) mata pelajaran PPKn di kelas VIII yang dilakukan dengan baik dapat meningkatkan hasil belajar. Adapun kelebihan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) diantaranya adalah pembelajaran lebih bermakna dan relevan, untuk menumbuh-kembangkan keterampilan berfikir sesuai tingkat perkembangan siswa, meningkatkan literasi baca siswa, dan bersifat pragmatis motivasi belajar siswa dan guru. Sedangkan kelemahan adalah metode ini kurang tepat jika diterapkan pada siswa yang kurang bisa membaca,waktu yang dibutuhkan tiap siswa untuk kegiatan membaca berbeda�beda, jika diterapkan terlalu sering siswa akan merasa bosan, pada kegiatan diskusi kelompok dan memplubikasikan konsep ada beberapa siswa yang pasif karena kurang percaya diri dalam menyampaikan hasil konsep-konsep temuannya. Saran, yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu 1) bagi guru terkait metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) yang dilakukan kepada siswa sebaiknya guru memberikan perhatian lebih pada kegiatan literasi baca dan pada kegiatan publikasi; 2) bagi siswa alangkah baiknya siswa lebih meningkatkan kegiatan literasi untuk lebih memahami materi pembelajaran terutama pembelajaran PPKn.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran PPKn, Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC).
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 24 Sep 2024 06:20
Last Modified: 24 Sep 2024 06:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64069

Actions (login required)

View Item View Item