PENGUATAN KARAKTER DEMOKRATIS DALAM PROSES PEMBELAJARAN PPKN PADA SISWA KELAS VII DI MTS NEGERI 9 BOYOLALI KECAMATAN SIMO KABUPATEN BOYOLALI


Maulida Nur Khasanah, 3301419047 (2023) PENGUATAN KARAKTER DEMOKRATIS DALAM PROSES PEMBELAJARAN PPKN PADA SISWA KELAS VII DI MTS NEGERI 9 BOYOLALI KECAMATAN SIMO KABUPATEN BOYOLALI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3301419047_Maulida Nur Khasanah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan demokrasi Indonesia mengalami pasang surut akibat masyarakat yang beragam dan derasnya arus globalisasi. Mata pelajaran PPKn merupakan wadah untuk mengembangkan kemampuan, watak dan karakter warga negara yang demokratis. Nilai demokrasi telah tertanam pada diri peserta didik kelas VII di MTs Negeri 9 Boyolali, tetapi belum optimal. Oleh karena itu, nilai demokrasi perlu dikuatkan melalui mata pelajaran PPKn. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Penguatan karakter demokratis dalam proses pembelajaran PPKn pada siswa kelas VII di MTs Negeri 9 Boyolali; 2) Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penguatan karakter demokratis dalam proses pembelajaran PPKn pada siswa kelas VII di MTs Negeri 9 Boyolali; 3) Upaya dalam mengatasi hambatan penguatan karakter demokratis dalam proses pembelajaran PPKn pada siswa kelas VII di MTs Negeri 9 Boyolali. Penelitian yang dilakukan di MTs Negeri 9 Boyolali ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data penelitian didapatkan melalui sumber data primer yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, serta sumber data sekunder yaitu buku dan artikel. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik, serta teknik analisis data dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data hingga penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Penguatan karakter demokratis dalam proses pembelajaran PPKn kelas VII dimulai dengan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian proses pembelajaran; 2) Faktor pendukungnya yaitu keaktifan guru PPKn, budaya sekolah, serta sarana dan prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu rendahnya motivasi belajar siswa, perbedaan individual siswa, dan faktor lingkungan; 3) Upaya dalam mengatasi hambatannya yaitu pemberian reward atau penghargaan, pendekatan persuasif pada siswa, dan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penguatan, Karakter, Demokratis, Pembelajaran PPKn
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Emotional Intelligence
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Attitude
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 24 Sep 2024 05:02
Last Modified: 24 Sep 2024 05:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64067

Actions (login required)

View Item View Item