PENGARUH SKEPTISISME PROFESIONAL, INTEGRITAS AUDITOR, PENGALAMAN AUDITOR, DAN KOMPLEKSITAS TUGAS TERHADAP AUDIT JUDGMENT (Studi Empiris Pada Kantor Akuntan Publik di Kota Semarang)


Noval Ashar Saputra, 7211418188 (2022) PENGARUH SKEPTISISME PROFESIONAL, INTEGRITAS AUDITOR, PENGALAMAN AUDITOR, DAN KOMPLEKSITAS TUGAS TERHADAP AUDIT JUDGMENT (Studi Empiris Pada Kantor Akuntan Publik di Kota Semarang). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7211418188_NOVAL ASHAR SAPUTRA - Noval Ashar Saputra.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Auditor dalam melaksanakan tugasnya membutuhkan sebuah audit judgment yang tepat dan akurat, ketika seorang auditor mengumpulkan bukti dalam waktu yang berbeda dan mengintegrasikan informasi dari bukti tersebut. Keakuratan audit judgment harus dipertanggungjawabkan sesuai dengan ketetapan Standar Professional Akuntan Publik (SPAP) seksi 341 dan kualitas audit judgment yang dihasilkan auditor menunjukkan seberapa baik kinerja seorang auditor dalam melakukan tugasnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh skeptisisme profesional, integritas auditor, pengalaman auditor, dan kompleksitas tugas terhadap audit judgment. Populasi dalam penelitian ini adalah auditor yang bekerja di Kantor Akuntan Publik (KAP) di Kota Semarang yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan serta berafiliasi dengan KAP Asing. Pemilihan sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling dan didapat sampel sebanyak 82 responden yang digunakan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner secara fisik yang termasuk kedalam penelitian cross sectional. Metode analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan regresi linear berganda dengan menggunakan IBM SPSS for windows versi 26. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa audit judgment, Skeptisisme profesional, integritas auditor berada dalam kategori sangat tinggi, pengalaman auditor berada dalam kategori tinggi, dan kompleksitas tugas berada dalam kategori sedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Skeptisisme profesional dan pengalaman auditor berpengaruh positif dan signifikan terharap audit judgment, variabel integritas auditor berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap audit judgment, dan variabel kompleksitas tugas berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap audit judgment. Kesimpulan dari penelitian ini adalah skeptisisme profesional dan pengalaman auditor berpengaruh positif dan signifikan terhadap audit judgment, sedangkan integritas auditor dan kompleksitas tugas tidak berpengaruh terhadap audit judgment. Saran dalam penelitian ini adalah auditor diharapkan untuk selalu memiliki sikap profesionalisme yang tinggi terhadap pekerjaannya meskipun dihadapkan dengan berbagai masalah yang mungkin akan menghambatnya sehingga dapat menghasilkan laporan audit akurat. Penelitian selanjutnya diharapkan untuk melakukan penelitian di waktu low season dan menambahkan variabel lain diluar variabel yang telah diuji dalam penelitian ini seperti tekanan ketaatan, kompetensi, independensi, objektifitas, dan etika profesi agar dapat mengetahui lebih luas faktor lain yang mempengaruhi audit judgment.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Audit Judgment, Skeptisisme Profesional, Integritas Auditor, Pengalaman Auditor, Kompleksitas Tugas
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 24 Sep 2024 04:48
Last Modified: 24 Sep 2024 04:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64059

Actions (login required)

View Item View Item