PENGARUH UKURAN PERUSAHAAAN, KEPEMILIKAN MANAJERIAL, DAN KOMITE AUDIT TERHADAP PENGUNGKAPAN SUSTAINABILITY REPORT DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Study Empiris Pada Perusahaan LQ45 yang Terdaftar di BEI Periode 2018-2021)


Tiara Puspa, 7211418174 (2022) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAAN, KEPEMILIKAN MANAJERIAL, DAN KOMITE AUDIT TERHADAP PENGUNGKAPAN SUSTAINABILITY REPORT DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Study Empiris Pada Perusahaan LQ45 yang Terdaftar di BEI Periode 2018-2021). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7211418174_TIARA PUSPA - Tiara Puspa.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Sustainability Report (SR) atau laporan keberlanjutan diungkapkan mempunyai tujuan yaitu untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat generasi sekarang tanpa mengganggu generasi yang akan datang dengan cara memperhatikan aspek sosial dan aspek lingkungan. Meskipun begitu, manfaat dari diterbitkannya SR tidak hanya untuk pihak eksternal perusahaan saja namun juga bermanfaat untuk pihak internal perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendiskripsikan pengaruh ukuran perusahaan, kepemilikan manajerial, dan komite audit terhadap pengungkapan sustainability report dengan profitablitas sebagai variabel moderating. Populasi penelitian ini adalah perusahaan LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2021 sejumlah 65 perusahaan. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh data sebanyak 26 perusahaan dengan total 104 unit analisis. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi. Data dianalisis menggunakan analisis regresi logistik (logistic regression). Data yang telah terkumpul diseleksi kemudian dianalisis dengan pengujian Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian ini menunjukkan ukuran perusahaan dan kepemilikan manajerial tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan sustainability report. Sedangkan komite audit berpengaruh signifkan terhadap pengungkapan sustainability report. Profitabilitas tidak mampu memoderasi pengaruh ukuran perusahaan, kepemilikan manajerial, dan komite audit terhadap pengungkapan Sustainability Report. Saran yang dapat diberikan dari peneliti adalah keterbatasan dalam penelitian ini adalah menggunakan variabel ukuran perusahaan, komite audit, kepemilikan manajerial, dan profitabilitas, sehingga untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat menggunakan variabel selain variabel yang digunakan dalam penelitian ini. Penelitian selanjutnya diharapkan menggunakan indikator selain yang digunakan peneliti agar hasil penelitian yang diharapkan maksimal. Penelitian ini juga menggunakan variabel dummy sehingga diharapkan penelitian selanjutnya menggunakan indikator sesuai dengan ketentuan pedoman GRI. Penelitian selanjutnya diharapkan menggunakan objek selain perusahaan LQ45.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sustaiability Report, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Manajerial, Komite Audit, Profitabilitas.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 24 Sep 2024 04:45
Last Modified: 24 Sep 2024 04:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64058

Actions (login required)

View Item View Item