PENGARUH KOMPETENSI APARAT DESA DAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI TERHADAP AKUNTABILITAS PENGELOLAAN DANA DESA DENGAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MEDIATOR (Studi pada Aparat Desa di Kabupaten Cirebon)


Andini Tri Oktaviani, 7211418028 (2022) PENGARUH KOMPETENSI APARAT DESA DAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI TERHADAP AKUNTABILITAS PENGELOLAAN DANA DESA DENGAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MEDIATOR (Studi pada Aparat Desa di Kabupaten Cirebon). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7211418028_AndiniTriOktaviani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan keterlambatan pencairan maupun adanya tindak korupsi dana desa membuktikan bahwa tingkat akuntabilitas aparat desa masih rendah, sehingga perlu dilakukan evaluasi dan perbaikan. Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan tersebut dan bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi aparat desa dan penggunaan teknologi terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa dengan komitmen organisasi sebagai variabel mediator pada aparat desa di Kabupaten Cirebon.. Populasi penelitian ini adalah seluruh aparat desa di 5 Kecamatan Kabupaten Cirebon. Sampel diambil menggunakan teknik simple random sampling. Jumlah sampel yang diambil dan digunakan dalam penelitian ini sebanyak 150 aparat desa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebar secara langsung. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis jalur (path analysis) dengan bantuan Software IBM SPSS statistic 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model penelitian telah memenuhi validitas dan reliabilitas sehingga model dinyatakan layak. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa kompetensi aparat dan komitmen organisasi berpengaruh positif signifikan terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa. Penggunaan teknologi tidak berpengaruh terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa. Kompetensi aparat desa berpengaruh positif signifikan terhadap komitmen organisasi. Penggunaan teknologi tidak berpengaruh terhadap komitmen organisasi. Kompetensi aparat dan penggunaan teknologi tidak berpengaruh terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa dengan komitmen organisasi sebagai variabel pemediasi. Saran dari penelitian ini untuk pihak instansi adalah harus lebih memperhatikan kompetensi yang dimiliki aparat untuk memaksimalkan akuntabilitas pengelolaan dana desa. Instansi harus lebih memperhatikan cara untuk meningkatkan komitmen organisasi misalnya dengan memberi penghargaan pada aparat desa yang memiliki kinerja baik. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat menggunakan variabel lain yang dapat berpengaruh terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa seperti kepatuhan, partisipasi masyarakat, dan pengendalian internal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Aparat Desa, Penggunaan Teknologi, Komitmen Organisasi, Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 24 Sep 2024 04:16
Last Modified: 24 Sep 2024 04:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64049

Actions (login required)

View Item View Item